You are here
Home > Dari Media Lain > Papua Barat Pos : Pangdam Perioritaskan Orang Asli Papua Masuk TNI

Papua Barat Pos : Pangdam Perioritaskan Orang Asli Papua Masuk TNI

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan, SE melakukan kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah di Provinsi Papua Barat, termasuk Kabupaten Sorong Selatan, Selasa (07/07).

Dalam sambutannya saat tatap muka dan buka puasa bersama dengan para Muspida, TNI-Polri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan pemuda semalam (6/7) di Hotel Mratuwa, Sesna Teminabuan, Pangdam menyampaikan sejumlah program TNI yang akan dilaksanakan di tahun 2015 ini. Selain itu orang nomor satu TNI di tanah Papua ini mengemukakan sejumlah program pemberdayaan dan pembangunan SDM untuk masyarakat asli Papua secara keseluruhan. Diantaranya lewat perekrutan satuan anggota TNI yang mengutamakan orang asli Papua.

Pangdam mengatakan hal ini menjadi salah satu misi utama untuk membangun SDM Papua, sehingga ke depan orang-orang asli Papua yang dapat memimpin dan membangun generasinya sendiri. “sekarang kita telah mengkaderkan beberapa orang asli Papua di TNI. untuk itu ke depan mereka akan jadi pemimpin TNI di tanah ini untuk membangun masyarakatnya sendiri,” ungkapnya.

Dari sisi perekrutan orang asli Papua untuk masuk anggota TNI, dirinya kembali menegaskan bahwa hal itu juga menjadi salah satu komitmennya. Namun satu permasalahan bagi kaum muda Papua adalah terkait dengan faktor kesehatan. Disampaikannya, kebanyakan masyarakat asli Papua terkendala di faktor kesehatan ketika dilakukan perekrutan untuk masuk TNI. “Kebanyakan anak-anak kita sekarang sudah terpengaruh dengan minuman keras dan merokok, sehingga saat tes  mereka ketahuan mengalami sakit TBC, Paru-paru rusak dan lain sebagainya,” terang Pangdam.

Baca juga :  Pangdam Meminta Tentara PNG Bebaskan Sandera WNI

Mewakili Pemda dan masyarakat Sorong Selatan, Yulian Kondologit ketika menyampaikan sambutannya mengungkapkan, kunjungan Pangdam XVII/Cenderawasih ke Kabupaten Sorong Selatan tentunya memiliki maksud dan tujuan. Untuk itu pula pihaknya mewakili pemerintah dan masyarakat menyampaikan selamat datang Mayjen TNI Fransen G. Siahaan, SE serta meminta dukungannya untuk perkembangan pembangunan di wilayah Sorong Selatan.

Pada saat yang sama dirinya pun melaporkan situasi Kantibnas di Sorong Selatan selama ini berjalan dengan aman dan harmonis, “Semua itu dapat tercipta karena usaha kerja keras dari pihak TNI/Polri, serta dukungan dari seluruh kalangan masyarakat Sorong Selatan pada umumnya,” ujarnya.

Sumber : Papua Barat Pos hal 10

 

Leave a Reply

*

Top