You are here
Home > Tulisan > Umum > Paralimpiade Rio, Dengan Keterbatasan Raihlah Kemenangan

Paralimpiade Rio, Dengan Keterbatasan Raihlah Kemenangan

Hari ini merupakan hari pembukaan diselenggarakannya paralimpiade. Paralimpiade itu sendiri ialah olimpiade atau olahraga khusus untuk atlit yang memiliki disabilitas dalam mobilitas atau bergerak. Paralimpiade 2016 diselenggarakan ditempat yang sama yaitu di Rio de Janeiro, Brazil. Paralimpiade diselenggarakan dari tanggal 7 sampai dengan 18 September 2016.

Paralimpiade kali ini merupakan gelaran yang ke-15. Indonesia mengirimkan sembilan orang atlitnya. Atlit yang berangkat kali ini cukup membanggakan karena pada paralimpiade 4 tahun lalu Indonesia hanya mampu mengirimkan 4 atlit paralimpiade saja.

Sembilan atlet Indonesia yang akan tampil di Paralimpiade 2016 adalah Marianus Melianus Yonci, Agus Ngaimin, Jendi Panggabean, dan Syuci Indriyani (renang), Ni Nengah Widiasih dan Siti Mahmudah (angkat berat), Michael Dian David Jacob (tenis meja), serta Setiyo Budi dan Abdul Halim Dali Munte (lari tunanetra 100 dan 200meter). Atlet tunanetra Abdul Halim akan didampingi guide Imanuel Permana. Kontingen Paralimpiade Indonesia akan dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Dr. Sukarno.

Mungkin sebagian sahabat ada yang penasaran sejarah dari diselenggarakannya paralimpiade ini. Sir Ludwig Guttmann seorang ahli saraf Jerman yang mempelopori penggunaan olahraga untuk rehabilitasi menyelenggarakan sebuah pertandingan olahraga pada 1948 yang kemudian dikenal sebagai Pertandingan Stoke Mandeville, yang melibatkan para veteran Perang Dunia II yang menderita cacat saraf tulang belakang. Pada pertandingan basket dengan kursi roda antara Amerika Serikat dan Belanda di Rumah Sakit Stoke Mandeville pada tanggal 30 Juli 1955, memberikan warna internasional pada gerakan yang dipelopori Sir Ludwig ini. Pertandingan pertama seperti Olimpiade untuk para atletnya diselenggarakan di Roma pada 1960; secara resmi disebut Pertandingan Internasional Tahunan Stoke Mandeville ke-9. Pertandingan ini dianggap sebagai Paralimpiade yang pertama.(wikipedia)

Baca juga :  PENGUMUMAN PELELANGAN SEDERHANA DENGAN PASCAKUALIFIKASI Nomor : Peng / 10 / XI / Lelang / 2014

Sekarang syarat atlit yang bisa ikut Paralimpiade antara lain mereka yang memiliki ketidakmampuan dalam mobilitas, cacat karena amputasi, gangguan penglihatan, dan menderita cerebral palsy atau gangguan saraf motorik. Ajang Paralimpiade ini diatur oleh Komite Paralimpiade Internasional atau IPC. Paralimpiade kerap dianggap sebagai rangkaian langsung Olimpiade. Pasalnya, Paralimpiade juga digelar 3 minggu setelah penutupan olimpiade di tempat yang sama dengan saat olimpiade dilangsungkan.

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top