You are here
Home > Berita > Pasiter Kodim Paniai Datangi Penambang Emas Tradisional

Pasiter Kodim Paniai Datangi Penambang Emas Tradisional

Nabire – Tak hanya Komunikasi Sosial (Komsos) bersama para petani saja, namun Kodim 1705/Paniai juga melaksanakan anjangsana dengan mengunjungi para pendulang emas tradisonal yang berada di Sungai Sanoba, Kampung Sanoba, Distrik Makimi yang dilaksanakan oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1705/Paniai Kapten Inf Eko Sulistiyono pada hari Rabu, (19/04/17).

Sungai Sonoba merupakan  sungai  besar yang banyak membawa rezeki bagi masyarakat karena di dalamnya terkandung banyak material yang berharga seperti batu, pasir dan serpihan- serpihan emas.

Pada kesempatan ini Pasiter mendatangi Bapak Delpinus yang sedang melakukan pekerjaannya sehari-hari dengan bekerja sebagai pendulang emas tradisional. Masyarakat Kampung Sanoba sangat menggantungkan perekonomiannya dari hasil menambang emas di Sungai Sanoba ini.

Cara masyarakat mendulang emas masih menggunakan cara-cara tradisional dengan mengunakan sekop dan wajan sebagai alat bantu mencari butiran emas. Diperkirakan setiap hari rata-rata bisa mendapatkan penghasilan butiran emas 3 kaca sampai dengan 5 kaca, ini juga sangat tergantung dengan cuaca. Apabila terjadi hujan dan sungai banjir, kemungkinan besar hasil yang akan didapatkan menjadi lebih banyak dibandingkan hari biasa, karena banyak material-material dari hulu sungai akan terangkut terbawa oleh arus air menuju tempat pendulangan.

Dalam kesempatan ini  Pasiter Kodim 1705/Paniai memberikan penekanan dan masukan  kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak merusak alam dan berhati – hati dalam mendulang emas. Apabila terjadi hujan deras maka kegiatan mendulang emas dihentikan dahulu menghindari terjadinya bencana yang akan merugikan diri kita sendiri, utamakanlah faktor keselamatanlah dan keamanan diri masing-masing.

Baca juga :  Santa Clause Bagikan Bingkisan Kepada Anak-Anak

Pasiter juga menyampaikan agar hasil yang diperoleh dari penjualan emas jangan di hambur – hamburkan, hargailah hasil dari keringat kita sendiri, gunakanlah dengan sebaik mungkin untuk kebutuhan keluarga dan biaya anak sekolah, karena anak-anak pasti mempunyai cita-cita tinggi  untuk bisa mengangkat derajat keluarga. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top