You are here
Home > Pengetahuan > PASSWORD = CELANA DALAM

PASSWORD = CELANA DALAM

Terkadang kita merasa bimbang apabila ada seseorang apalagi yang dekat dengan kita atau terlebih lagi seorang atasan kita yang meminta password yang seharusnya ia tidak tahu namun kita diminta memberi tahu password tersebut. Jika diberi tahu kita takut akan banyak masalah yang muncul setelahnya, tetapi apabila kita tidak beritahu kita sepertinya tidak menghormati yang bersangkutan. Sungguh suatu suasana yang pelik memang.

Password itu ibarat sebuah celana dalam, menutupi rahasia kita, harus diganti ganti setiap waktu, jangan sampai orang lain lihat, jangan dibiarkan terbuka begitu saja, apalagi dipinjamkan ke orang lain. Begitulah penulis mengibaratkan password sebagai celana dalam, karena dua hal tersebut banyak memiliki kesamaan.

Seperti yang ditulis oleh okezone.com, perusahaan keamanan jaringan Symantec melakukan sebuah survei terkait dengan penggunaan password. Hasilnya, 63 persen dari responden mengaku tidak terlalu sering mengganti password, 45 persen responden menggunakan beberapa password untuk semua akun internet dan lebih dari 10 persen responden mengaku tidak pernah mengganti password mereka hingga kini. “Yang paling menarik dalam survei tersebut, sekira 44 persen responden mengaku memiliki 20 akun internet dan hanya menggunakan satu password,” ujar pihak Symantec.

Dari survey tersebut mungkin dapat kita ambil pelajaran bahwa ada sesuatu kebiasaan kita yang salah. Dalam hal ini, mari kita sedikit rubah kebiasaan tersebut untuk hal-hal yang kita tidak inginkan kedepannya seperti kehilangan data penting kita, mengambil wewenang kita atau orang lain mengetahui rahasia kita.

Baca juga :  Puasa Bulan Ramadhan Dapat Mengatasi Dan Menyembuhkan Penyakit

Kita dapat mengambil langkah sebagai berikut:

  1. Mengubah password untuk beberapa periode seperti sebulan sekali.
  2. Menggunakan password yang memadukan huruf dan angka.
  3. Menggunakan kata yang rumit.
  4. Menjauhi penggunaan tanggal lahir, nama lengkap, nama keluarga sebagai password.
  5. Tidak sekali-kali memberitahukan password ke orang lain.
  6. Tidak sekali-kali meminjamkan password ke orang lain.
  7. Jangan gunakan password yang sama untuk beberapa user.
  8. Jangan lupa log-out setelah bekerja.

Demikian tips mengenai password dari penulis. Jangan lupa Like Fanpage Kodam di Facebook di Kodam XVII/Cenderawasih dan Follow Twitter Kodam di @Kodam17cen.(hro/cend)

Leave a Reply

*

Top