You are here
Home > Pengetahuan > Peduli Air Di Hari Air Sedunia

Peduli Air Di Hari Air Sedunia

Hari Air Sedunia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan (wikipedia).

Inisiatif peringatan Hari Air Sedunia muncul saat digelar Konferensi Bumi oleh PBB atau United Nations Conference on Environment and Development (UNCED). Pada Sidang Umum PBB ke-47 yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro Brazil, keluarlah Resolusi PBB Nomor 147/1993 atau tahun berikutnya yang menetapkan pelaksanaan peringatan Hari Air se-Dunia setiap tanggal 22 Maret dan mulai diperingati pertama kali pada tahun 1993.

Water and Sustainable Development” atau “Air dan Pembangunan Berkelanjutan”, yang diangkat menjadi tema tahun 2015 ini menyoroti pentingnya air dalam agenda pembangunan berkelanjutan. Air memiliki peran yang penting dalam agenda pembangunan berkelanjutan. Air sebagai kebutuhan pokok manusia akan terus dibutuhkan oleh manusia dari generasi ke generasi. Sehingga kita dituntut untuk terus menjaga air agar tetap dapat dinikmati oleh generasi penerus kita yang akan datang.

Dalam menggunakan air bersih, alangkah baiknya apabila kita lebih bijaksana dalam kata lain gunakanlah air seperlunya dan matikan kran atau sumber air jika kita sudah tidak menggunakannya lagi. Air sebagai kebutuhan pokok hidup manusia bisa menjadi sahabat bisa juga menjadi musuh yang sangat jahat. Apabila kita tidak peduli terhadap air sebagai contoh penebangan liar, jarang membersihkan saluran air, mencemari lingkungan maka air dapat membalas kita dengan bencana seperti longsor, banjir dan penyakit-penyakit.

Baca juga :  Pemimpin Muda

Pastikan air tidak lagi keluar dari kran setelah pemakaian air merupakan suatu hal kecil yang dapat kita lakukan dalam perubahan perlakuan kita terhadap air di sekeliling kita. Apabila gerakan ini dilakukan oleh seluruh orang maka kita dapat menghemat air yang tidak perlu untuk terbuang percuma. Mari kita bersama lebih peduli dengan lingkungan terutama air sebagai sumber kehidupan kita.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top