You are here
Home > Berita > Pekan Kelambu Massal dan Bulan Eliminasi Kaki Gajah di Yawa

Pekan Kelambu Massal dan Bulan Eliminasi Kaki Gajah di Yawa

Yapen – Kodim 1709/Yawa bersama Dinas Kesehatan Kep. Yapen bekerjasama melaksanakan kegiatan pencanangan pekan kelambu massal dan bulan eliminasi kaki gajah yang berlangsung di lapangan upacara Makodim 1709/Yawa, Senin(20/02).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kep. Yapen Melianus Wayangkau, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo, S.H., Kapolres Kep. Yapen AKBP Dharma Suwandito, Kepala Dinas kesehatan Kepulauan Yapen Efraim Aloysius Osok, Kepala Kejaksaan Negeri Serui Franky Son, S.H., Ketua KNPI Kep. Yapen Mika Runaweri serta sekitar 200 orang tamu undangan dan warga Kota Serui yang hadir dalam pencanangan tersebut.

Dalam sambutan Bupati Kep. Yapen yang dibacakan oleh Dandim 1709/Yawa, beliau menyampaikan bahwa penting bagi kita untuk pahami bersama bahwa, penyakit kaki gajah atau filariasis adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria melalui kelenjar getah bening yang dapat disebarkan oleh semua jenis nyamuk.

Untuk mencegah dan meminimalisir serta memutuskan mata rantai penularan kaki gajah, mari kita cegah bersama dengan cara pemberian obat secara massal, sehingga kedepannya warga Kepulauan Yapen sudah tidak akan ada lagi yang terinfeksi penyakit tersebut.

Melalui pekan kelambu massal mari bersama-sama kita dukung program pemerintah dalam membebaskan rakyat Papua dari penyakit malaria. Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan akan membagikan kelambu anti nyamuk kepada masyarakat, disertai himbauan agar dapat digunakan dengan baik dan benar. “Selain itu jangan lupa juga menjaga kebersihan lingkungan rumah dan kantor kita masing-masing dengan melaksanakan 3M yakni menguras, menutup dan mengubur agar kita selalu aman dan terhindar dari gigitan nyamuk,” tegas Dandim.

Baca juga :  Babinsa Dampingi Dinas Pertanian Berikan Penyuluhan

Sebagai acara penutup dilaksanakan pembagian kelambu oleh Kapores Kepulauan Yapen AKBP Dharma Suwandito beserta para Muspida kepada para warga yang hadir pada kegiatan tersebut, serta mengkonsumsi obat pencegah tertularnya kaki gajah secara massal yang dilaksanakan oleh Dandim 1709/Yawa beserta para Muspida dan para warga, dengan harapan agar warga Kepulauan Yapen bisa terhindar dari 2 penyakit berbahaya tersebut. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top