You are here
Home > Berita > Pelatihan Komisi Penanggulangan AIDS

Pelatihan Komisi Penanggulangan AIDS

Merauke – Babinsa Kampung Ivimahad Koramil 1707-05/Merauke Serka Herudi. R menghadiri kegiatan Pelatihan Komisi Penanggulangan AIDS Distrik (KOMPAD) yang bertempat di Aula kantor Distrik Kurik pada hari Kamis (08/112).

Ibu Trifosa S.M. dari LSM Yayasan Cenderawasih Bersatu selaku pembawa materi menyampaikan bahwa tujuan pelatihan ini untuk memberitahukan serta mengingatkan kembali tentang cara menanggulangi HIV/AIDS diantaranya Takut Tuhan (perbuatan melanggar Tuhan adalah Dosa), tidak melakukan hubungan sex sebelum menikah (sex yang beresiko), setia pada pasangan anda (jangan selingkuh, apalagi dengan orang yang tidak anda kenal atau WPS), gunakan kondom bila melakukan hubungan sex bukan dengan pasangan anda dan jangan melakukan hubungan sex bila anda sedang mengindap penyakit menular sexual, jangan melakukan tatto dan menggunakan Narkoba suntik, ketahuilah status HIV anda dengan melakukan pemeriksaan HIV pada Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

Penyakit HIV & AIDS merupakan virus yang menyerang terhadap pusat imun tubuh,  jadi apabila pusat imun sudah terjangkit kemungkinan besar akan rentan terhadap penyakit dan kumpulan penyakit tersebut disebut dengan AIDS. “Penyakit HIV & AIDS sudah mewabah diseluruh lapisan masyarakat. Dari data yang diperoleh oleh KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Kab. Merauke dari tahun 1992 s.d September 2016 sudah mencapai 1.937 orang penderita HIV & AIDS”, ucap Ibu Trifosa.

Baca juga :  Cegah Pengguna Narkoba, Anggota Kodim Jayapura di Tes Urine

Pada kesempatan ini, Kepala Distrik Kurik Bapak Stefanus Kaguop menyampaikan menyampaikan pelatihan ini sangat penting guna mengatasi penyakit yang sudah merajalela dan sampai saat ini belum ada obatnya meskipun ada itupun hanya obat untuk mengikat/memandulkan virus HIV & AIDS, sehingga perlu adanya pencegahan untuk penyakit tersebut. “Jadi marilah kita bentengi diri kita dengan Iman serta mendidik dan menjadi contoh untuk anak cucu agar terjauh dari penyakit HIV & AIDS”, ucap Kepala Distrik Kurik.

Turut hadir dalam kegiatan, Sekertaris KPA Bapak Tuban Sriono, LSM Yayasan Cenderawasih Bersatu Ibu Trifosa S.M, Babinkantibmas Aiptu Sukaryo serta aparat Distrik Kurik dan perwakilan tiap Kampung se-Distrik Kurik. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top