You are here
Home > Berita > Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ternak Menjadi Biogas

Pelatihan Pemanfaatan Limbah Ternak Menjadi Biogas

Timika – Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Dinas Peternakan Kabupaten Mimika menyelenggarakan penyuluhan dan pelatihan kepada setiap warga kampung Kaugapu tentang pemanfaatan biogas hasil limbah ternak, Kamis (09/11).

Menyadari perannya sebagai Babinsa, Kopda Heru Tristianto selalu konsisten mendampingi warganya dalam upaya mengembangkan sumber daya manusianya agar berguna bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu rumah warga ini untuk menjelaskan hal atau mekanisme seperti apa yang nantinya akan di ajarkan secara terperinci sehingga mudah diterima oleh setiap masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Dinas terkait memaparkan tentang pemanfaatan limbah kotoran ternak untuk diolah kembali untuk bisa digunakan sebagai pengganti biogas dan BBM sehingga kotoran ternak tidak dibuang begitu saja dan mengotori lingkungan. Teknik dan cara pengolahan pun diberikan namun masih dalam bentuk teknis sedangkan prakteknya akan dilaksanakan di pertemuan yang akan datang.

Dinas Peternakan menjelaskan bahwa dengan sistem ini makan peternakan akan terjaga kebersihannya, mengganti penggunaan BBM atau kayu bakar, meningkatkan pendapatan peternak dengan menghasilkan pupuk organik berkualitas serta mendorong tumbuhnya industri rumah tangga.

Baca juga :  Musabaqoh Tilawatil Qur’an Yonif 752/VYS

Dalam kesempatan ini pun Kopda Heru pun mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pengolahan limbah ternak yang bisa disosialisasikan kepada warga lain di seluruh wilayah Kabupaten Mimika. Warga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Peternakan dan Babinsa yang secara konsisten melakukan pembinaan sehingga kualitas sumber daya manusia akan meningkat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Agustinus Mandang yang menjabat sebagai Kabid Usaha dan Sumber Daya Dinas Peternakan Kab. Mimika. Kegiatan penyuluhan ini diberikan kepada Kelompok Ternak Sapi Harapan Bersama yang diikuti sekitar 20 orang peternak. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top