You are here
Home > Berita > Pembekalan Wawasan Kebangsaan di SMP Negeri 1 Kamuu oleh Danramil

Pembekalan Wawasan Kebangsaan di SMP Negeri 1 Kamuu oleh Danramil

Dogiyai – ┬áDalam rangka menyambut HUT TNI Ke 72, Danramil 1705-06/Moanemani Mayor Czi Jarman Dabang meberikan Materi Wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kamuu Distrik Kamuu Kab. Deiyai, dikuti sekitar 50 orang siswa-siswi SMP Negeri 1 Kamuu, pada hari Senin (18/9).

Salah satu dari beberapa program Koramil 1705-06/Moanemani adalah dengan mengajar/memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah binaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada siswa-siswi sejak usia dini karena kedepan mereka inilah yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Selain itu, untuk memperdalam makna tentang Wawasan kebangsaan sebagai mana kita ketahui bersama bahwa di sekolah-sekolah jaman sekarang sudah jarang materi-materi mengenai Wawasan kebangsaan, Siswa – siswi SMP Negeri 1 Kamuu tampak semangat dan antusias dalam menerima pembekalan tersebut.

Daramil menjelaskan tentang Empat Pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika serta tiga unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham Kebangsaan, dan Semangat Kebangsaan. Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang.

Wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai Bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan Poleksosbud dan Hankam.

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara. Di sampaikan juga kepada siswa siswi bahwa apabila Pancasila sudah di amalkan dalam kehidupan dalam bermasyarakat di jamin negara yang kita cintai ini akan aman tentram dan sejahtera.

Baca juga :  Anggota Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Bela Negara

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Kamuu Bapak Isaiyas Tigi, S.Pd., mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danramil yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan materi wawasan kebangsaan di sekolahnya, mudah-mudahan dengan pembekalan ini siswa-siswi lebih bisa mendalami empat pilar, serta lebih mendalami kecintaannya terhadap TNI, Bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, selaku Kepala Sekolah beliau mengucapkan Selamat HUT TNI yang ke 72, semoga TNI dimanapun berada, khususnya yang ada di Kab. Dogiyai selalu dilindungi oleh Tuhan dalam setiap melaksanakan tugas serta semakin hebat, profesional dan selalu dicintai rakyat, yang mana TNI merupakan benteng terakhir pertahanan NKRI. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top