You are here
Home > Berita > Pembuatan Lubang Resapan Biopori

Pembuatan Lubang Resapan Biopori

Jayapura (24/9) Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Deliaman Th. Damanik, S.I.P., M.Si., memimpin acara pembuatan lubang resapan Biopori bertempat di Lapangan Upacara Kodam XVII/Cenderawasih, Rabu (24/9).

Dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Kasdam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa pembuatan lubang tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat memelihara fungsi tanah untuk meresap air sehingga kesuburan tanah dapat terpelihara dan dapat dimanfaatkan masyarakat.

Selain itu, lubang biopori juga memberikan hasil yang optimal dalam mengantisipasi dinamika perkebangan lingkungan yang saat ini cenderung mengarah kepada perubahan iklim yang ekstrim. Dimana kadangkala mengakibatkan kekeringan maupun banjir yang disebabkan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan.

Pangdam XVII/Cenderawasih mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, salah satunya adalah dengan cara pembuatan lubang resapan biopori dilingkungan masing-masing. Hal tersebut guna mencegah kekeringan maupun bencana banjir serta dapat juga dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah organik guna menghasilkan kompos yang nantinya dapat menyuburkan tanah maupun meningkatkan kualitas air tanah.

Baca juga :  Pembukaan Pelatihan Kader Bela Negara Kabupaten Sorong Tahun 2015

Adapun beberapa penekanan kepada seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih bahwa jangan jadikan alam sebagai objek tetapi juga sebajai subjek yang harus diperhatikan kelestariaannya.

Pangdam mengucapkan banyak terimakasih dan penghargaan yang tulus terhadap usaha untuk melestarikan lingkungan dimana sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia.

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top