You are here
Home > Berita > Penanaman Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan Kepada Kepala Kampung Distrik Pantai Timur

Penanaman Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan Kepada Kepala Kampung Distrik Pantai Timur

Sarmi – Danramil 1712-02/Pantai Timur Lettu Inf Marno memberikan materi Empat Pilar Kebangsaan dalam berbangsa dan bernegara kepada para Kepala Kampung, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan serta masyarakat Distrik Pantai Timur, pada hari Sabtu (08/04).

Acara pembekalan kepada Kepala Kampung jajaran Distrik Pantai Timur dihadiri oleh Tim sosialisasi dari Kabupaten Sarmi yang menjelaskan tentang roda pemerintahan kampung, hal ini bertujuan agar prosedur-prosedur kepentingan masyarakat bisa terwadahi, tersalur dan tersurat dengan jelas baik kedalam maupun keluar kampung.

Danramil 1712-02/Pantai Timur Lettu Inf Marno dalam materi yang disampaikan tentang Empat Pilar Kebangsaan menjelaskan bahwa arti pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan yang dalam bahasa jawanya “Soko”, pilar sendiri memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan kekuatan dalam suatu bangunan karena bila pilar ini tidak kokoh maka bangunan tersebut juga akan menjadi rapuh dan mudah hancur dan dihancurkan.

Dalam kehidupan, bermasyarakat/bernegara merupakan tiang penyangga yang kokoh agar rakyat/masyarakat yang mendiami akan merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera, terhindar dari segala macam gangguan dan bencana. Empat pilar tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan nilai – nilai yang harus selalu terpatri dalam jati diri seluruh bangsa Indonesia.

Baca juga :  Dandim 1709/Yawa Jenguk Anggota TPN/OPM Yang Terluka

Diharapkan dengan sosialisai Empat Pilar Kebangsaan kepada Kepala Kampung dan masyarakat dapat kembali menyegarkan dan menguatkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya sehingga menjadi bekal dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir, Kadistrik Pantai Timur, Danramil 1712-02/Pantai Timur, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sarmi, Kapuskesmas Pantai Timur dan Dewan Adat Distrik Pantai Timur serta Ondoafi/Kepala Suku. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top