You are here
Home > Berita > Penanganan Cepat Permasalahan Perkebunan Liar di Tembagapura

Penanganan Cepat Permasalahan Perkebunan Liar di Tembagapura

Timika – Membahas permasalahan sosial di masyarakat di wilayahnya, Koramil 1710-04/Tembagapura melanjutkan pertemuan kembali dengan Kepolisian, PT.FI dan tokoh masyarakat. Pertemuan ini dilaksanakan di Mapolsek Tembagapura dipimpin langsung oleh Manajemen PT.FI untuk membahas tentang kebun liar yang dibuka oleh masyarakat di perengan gunung yang merupakan areal PT.FI. Selasa (13/06).

Rapat ini dilaksanakan karena pembukaan kebun di areal perengan pegunungan rawan menimbulkan longsor dan menimbulkan korban jiwa, mengingat tingginya curah hujan di Tembagapura. Hal ini, sebagaimana yang disampaikan oleh Serka Jafar dan Serda Suryo yang menghadiri pertemuan tersebut. Kedua Babinsa tersebut memberikan pengertian kepada tokoh masyarakat, serta mengajak untuk mencari solusinya yang terbaik.

“Dalam pertemuan ini, diharapkan tokoh masyarakat dapat mengerti dan memahami permasalahan ini, serta mari bersama-sama kita temukan solusi terbaik ke depan” jelas Serka Jafar.

Dalam pertemuan tersebut pun didiskusikan tentang aspirasi masyarakat baik kepada Aparat TNI, Polri dan juga PT.FI karena masyarakat membuka kebun adalah untuk menghidupi keluarganya.

Setelah melalui diskusi yang cukup panjang, akhirnya dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa poin, yaitu pembukaan lahan tidak boleh diperluas kembali dan masyarakat harus meninggalkan kegiatan tersebut setelah melaksanakan panen.

Baca juga :  Seleksi Calon Tamtama PK Gel II Korem 172/PWY

Namun PT.FI memberikan kesepakatan positif yaitu hasil panen akan diterima oleh koperasi Banti dan kebun akan dipindahkan ke luar areal PT.FI serta akan dibangun jembatan di Utikini sesuai permintaan warga.

Dan untuk mencegah kembali pembukaan lahan oleh warga, maka akan dibentuk Tim Mitra Polhut yang terdiri dari masyarakat.

Kegiatan tersebutpun diapresiasi oleh masyarakat, seraya berharap kedepannya dapat memberikan dampak positif bagi semua pihak selanjutnya.

Kegiatan berjalan dengan tertib, yang kemudian diakhiri dengan foto bersama. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top