You are here
Home > Pengetahuan > Pencegahan Penyakit Malaria

Pencegahan Penyakit Malaria

Penyakit Malaria dan Penyakit Demam Berdarah merupakan salah satu penyakit menular yang menyerang sel darah manusia. Perbedaan yang menonjol dari kedua penyakit ini yaitu Penyakit Malaria ditularkan oleh nyamuk  Anopheles betina sedangkan demam berdarah ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Sehingga kedua penyakit tersebut memiliki gejala yang hampir sama.

Pada kesempatan ini, saya akan membagi sedikit pengetahuan bagaimana caranya untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit Malaria kepada sobat cenderawasih demi menjaga kebugaran jasmani dan rohani kita semua.

Adapun Gejala Penyakit Malaria antara lain, Penderita mengalami demam, menggigil, nyeri otot persendian dan sakit kepala. Penderita juga mengalami mual, muntah, batuk dan diare serta kurangnya nafsu makan. Gejala khas malaria adalah adanya siklus menggigil, demam dan berkeringat yang terjadi berulang ulang. Pengulangan bisa berlangsung tiap hari, dua hari sekali atau tiga hari sekali terggantung jenis malaria yang menginfeksi. Gejala lain warna kuning pada kulit akibat rusaknya sel darah merah dan sel hati.

Faktor risiko Penderita terkena penyakit malaria adalah mereka yang memiliki kekebalan tubuh rendah seperti Anak-anak dan bayi, pendatang yang baru datang ke daerah endemik malaria dan belum menyesuaikan diri dengan kondisi di daerah yang baru ditempati, serta wanita hamil dan janinnya.

Baca juga :  Cara Mudah Membersihkan Air Kotor Menjadi Air Bersih

Sehingga upaya yang dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut oleh pemerintah adalah dengan dilakukan fogging (pengasapan) di tempat-tempat endemik malaria. Selain itu, guna menghindari gigitan nyamuk kita harus memakai baju tertutup, Menggunakan lotion anti nyamuk, Memasang kelambu anti nyamuk. Kemudian jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan olahraga teratur untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah dari serangan penyakit malaria.

Untuk itu, apabila kita mulai merasa kurang enak badan dan gejala seperti diatas, maka kita harus segera ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat untuk meminta pertolongan pertama sehingga kita dapat mencegah penyakit malaria terhadap kesehatan kita.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top