You are here
Home > Tulisan > Umum > Penentuan Awal Bulan Ramadhan 1438 Hijriah Tahun 2017

Penentuan Awal Bulan Ramadhan 1438 Hijriah Tahun 2017

Sampai hari Jumat (26/05/17), pemerintah belum juga resmi mengeluarkan kapan awal bulan Ramadhan. Pelaksanaan sidang Isbat untuk menentukan awal puasa masih akan berlangsung pada Jumat malam.

Sidang nanti malam akan mempertemukan beberapa tokoh dan organisasi Islam untuk bermusyawarah menentukan awal puasa ramadhan.

Pengurus besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan untuk pemantauan hilal, baru akan dimulai pada hari jumat. Ada sekitar 90 titik lokasi yang akan dijadikan tempat pemantauan hilal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun cara perhitungan baru yaitu dengan menentukan hasil hisab. Hisab bisa dilihat ketika pada saat matahari tenggelam, posisi bulan sudah akan terlihat dengan sudut ketinggian lebih dari 8 derajat atau sudah nyata posisi bulan berada di atas ufuk di seluruh Indonesia.

Baca juga :  Gameover Zeus

Ijtimak dalam istilah astronomi disebut dengan istilah konjungsi geosentris. Ini terjadi ketika bulan, bumi, dan matahari berada pada satu bidang bujur astronomi.

Gampangnya, bulan, bumi, dan matahari, berada pada satu garis lurus sebidang, sehingga bulan dan matahari secara bersamaan “tak bisa dilihat” dari satu posisi di bumi.

Leave a Reply

*

Top