You are here
Home > Berita > Pengenalan Alat Tangkap Ikan “Tramel Net” oleh TNI dan Dinas Kelautan

Pengenalan Alat Tangkap Ikan “Tramel Net” oleh TNI dan Dinas Kelautan

Timika – Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1710-07/Mapurujaya, Kopda Usman bersama Dinas Kelautan Kab. Mimika menyelenggarakan kegiatan pelatihan pengoperasian alat tangkap Tramel Net kepada para nelayan lokal di Distrik Mimika Timur, Senin (13/11).

Kegiatan ini diikuti sekitar 25 orang nelayan lokal dan dihadiri oleh Tokoh Masyarakat setempat yang dikoordinatori oleh Ibu Widya Iswara dan Bapak M. Asri.

Mengingat Kampung Pomako berada di wilayah Distrik Mimika Timur yang merupakan daerah hamparan pantai, sehingga mayoritas penduduk disana bermata pencaharian sebagai nelayan yang sebagian besar merupakan nelayan tradisional.

Dari metode yang dilakukan, penangkapan ikannya masih menggunakan teknik yang sangat tradisional, sehingga hasil tangkapan ikan yang didapatkan tidak maksimal dan tentunya berpengaruh pada tingkat perekonomian warga.

Agar para nelayan dapat efektif dalam menangkap dan lebih produktif, Babinsa dan Dinas Kelautan memperkenalkan alat tangkap ikan “Trammel Net”. Babinsa memberikan penjelasan bahwa Trammel Net merupakan alat tangkap ikan yang sudah banyak digunakan oleh nelayan di banyak wilayah, namun untuk di Kabupaten Mimika alat ini masih sangat jarang digunakan.

Baca juga :  Pererat Tali Silaturahmi Babinsa Koramil 1707-08/Agats Lakukan Anjangsana

“Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan tentang jaring ikan yang bisa menangkap ikan lebih banyak kepada masyarakat nelayan, selain itu penggunaan jaring ini pun bisa digunakan untuk menangkap udang yang memiliki nilai jual cukup mahal”, ungkap Kopda Usman.

Selain pemberian materi, dilakukan juga sosialisasi tentang tata cara penangkapan ikan menggunakan jaring dan juga para nelayan langsung malaksanakan praktek pembuatan jaring di tempat.

Nelayan yang hadir mengapresiasi kegiatan ini dan berharapkan agar kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk lebih produktif dalam bekerja sehingga mampu meningkatkan taraf hidup bagi para petani tradisional di Mimika. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top