You are here
Home > Berita > Peninjauan Kegiatan Cetak Sawah

Peninjauan Kegiatan Cetak Sawah

Nabire – Rombongan Tim PCS Mabesad yang dipimpin oleh Katim PCS Mabesad Brigjen TNI Hendra Yus meninjau langsung kegiatan Cetak Sawah yang bertempat di Distrik Wanggar Kabupaten Nabire, Minggu (31/07).

Maksud dan tujuan kedatangan Tim PCS Mabesad adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan tentang penyelenggaraan kegiatan perluasan sawah di Kabupaten Nabire dan untuk mendapatkan masukan ataupun petunjuk dari pimpinan tentang penyelenggaraan kegiatan perluasan sawah seluas 1.000 Ha di Kab. Nabire.

Mayoritas lahan merupakan vegetasi hutan berat, berair dan rawa, alat berat yang dapat digunakan hanya Excavator, Doser yang ada di satuan tidak bisa digunakan karena lahan rawa akan menyebabkan alat berat amblas tertanam.

Adanya penolakan warga di beberapa lokasi sehingga lahan direlokasi, beberapa wilayah merupakan hutan penahan banjir, curah hujan yang cukup tinggi di Nabire, terlalu banyak kayu yang tidak dapat dibawa keluar lahan karena tidak ada doser dan tempat pembuangan, lokasi yang jauh dari kota menambah biaya pendorongan logistik terutama BBM, beberapa faktof tersebut yang menghambat dalam pekerjaan perluasan lahan.

Dalam arahannya, Katim PCS Mabesad memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian dan Denzipur 12/OHH dengan medan yang sama dengan daerah lainya, disini kuantitas lebih besar tapi hasilnya jauh berbeda dengan daerah lain. Karena memang target ini akan tercapai pada bulan Agustus dan nanti kita akan cek di lapangan dengan perencanaan yang matang dengan posko yang sudah sangat siap pasti di apangan dan hasil yang di harapkan bisa maksimal.

Baca juga :  Dandim 1709/Yawa Pantau Pelaksanaan Test Semapta Catam Gelombang I Tahun 2016

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kolonel Inf Ignatius Yogo, Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward M. Sitorus, Ir. Budi Irianta (Kementrian Pertanian), Andreas Arip S.T. (Kementrian Pertanian). (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top