You are here
Home > Berita > Penjaga Angkasa Siap Cegah Masuknya Pesawat Asing Di Papua

Penjaga Angkasa Siap Cegah Masuknya Pesawat Asing Di Papua

Biak – Untuk mengamankan wilayah udara NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) khususnya Papua dan Papua Barat, Pangkosekhanudnas IV (Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV) Marsekal Pertama TNI Tamsil Gustari Malik yang berada di Biak adakan Operasi Tangkis Sergap 16, yang melibatkan Penjaga Angkasa atau disebut Prajurit TNI AU dengan mengerahkan tiga pesawat jenis Shukoi SK-27 dan SK-30 dari Skuadron Tempur 11, Hasanuddin Makasar.

Operasi Tangkis Sergap 16 merupakan operasi untuk mengamankan wilayah udara Papua dan Papua Barat. Menurut Marsekal Pertama TNI Tamsil Gustari Malik mengharapkan seluruh elemen masyarakat Papua dan Papua Barat, khususnya Kabupaten Biak Numfor mendukung kegiatan Operasi Tangkis Sergap 16 tersebut.

Penjaga Angkasa (TNI AU) dengan menggunakan Pesawat tempur Shukoi  SK27, SK 30 dan Helikopter pendukung, siap mengamankan wilayah NKRI khususnya Papua. Pesawat-pesawat tersebut akan melakukan pengejaran pesawat asing yang melintas tanpa ijin di wilayah kedaulatan NKRI.

Selama operasi Tangkis Sergap 16 berlangsung, pesawat tempur Shukoi dari Skuadron 11 dan Helikopter pendukung akan terbang melintas di berbagai pulau Biak. Tujuan dari operasi tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit Penjaga Angkasa (TNI AU) untuk mengawal dan menjaga wilayah udara NKRI di Papua dan Papua Barat.

Baca juga :  Masyarakat Muslim Merauke Peringati Tahun Baru Islam 1439 H

Selain itu, tujuan lain dari operasi adalah untuk lebih meningkatkan kesiap siagaan Skuadron 11 dan unsur pendukung Radar di wilayah Kosek Hanudnas IV (Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional IV) Biak, guna mencegah segala jenis pelanggaran udara yang dilakukan pesawat asing. (Prd/Cen).

Sumber : Koran Papua Pos Sabtu 23 Juli 2016

Leave a Reply

*

Top