You are here
Home > Tulisan > Umum > Pentingnya Cek Denyut Nadi Setelah Melakukan Kegiatan Lari

Pentingnya Cek Denyut Nadi Setelah Melakukan Kegiatan Lari

Pentingnya Cek Denyut Nadi Setelah Melakukan Kegiatan Lari

Apasih yang anda ketahui dengan denyut nadi? Denyut Nadi merupakan denyutan arteri dari gelombang darah yang mengalir melalui pembuluh darah yang bersumber dari denyutan jantung. Jantung merupakan organ vital bagi tubuh kita karena merupakan bagian pertahanan terakhir untuk hidup kita selain otak.

 

Denyut Nadi bisa kita cek dengan cara melalui pergelangan tangan ataupun di leher. Adapaun cara untuk perhitungan denyut nadi sebelum melaksanakan kegiatan lari yaitu dengan menempelkan tiga jari di pergelangan tangan ataupun leher, temukan detak denyut nadi yang ada dibagian tersebut dan hitunglah denyut nadi selama 15 detik dan jumlah denyut nadi dikalikan 4. Untuk hasil normalnya yaitu antara 60-100/menit.

 

Setelah melakukan kegiatan lari, kita harus segera melakukan cek denyut nadi dengan cara yang sama seperti yang di atas namun akan berbeda pada hasil yang didapatkan. Untuk hasil perhitungan denyut nadi maksimal setelah melakukan kegiatan lari dengan menggunakan rumus denyut nadi maksimal ( R= 220 – umur) per menit. Dengan demikian kita dapat mengukur sudah optimalkah kinerja jantung kita saat kita melaksanakan lari, seberapa cepat tubuh kita pulih,  serta menunjukkan tanda kesehatan termasuk fungsi jantung, adanya infeksi serta tingkat kebugaran secara keseluruhan

Leave a Reply

*

Top