You are here
Home > Tulisan > Rohani > Pentingnya Kesehatan Tubuh Dalam Ibadah

Pentingnya Kesehatan Tubuh Dalam Ibadah

Sakit merupakan hal yang tidak diinginkan oleh tiap-tiap manusia dan merupakan hal yang sangat merugikan bagi diri maupun tubuh manusia itu sendiri. Untuk itu ahli pakar sering berkata bahwa sehat itu mahal harganya. Itu memang benar-benar terbukti bahwa apabila kita sakit, berapa banyak waktu yang telah kita buang untuk melakukan aktivitas. Bukan hanya itu saja, kita sebagai pekerja/pengusaha sampai PNS pasti kehilangan waktunya untuk bekerja.

Pasti dari diri kita masing-masing dapat mengukur seberapa kemampuan yang dapat kita rasakan. Itulah menjadi tolak ukur dimana kita membatasi kegiatan keseharian agar dapat menjaga tubuh tetap fit. Bukan itu saja dukungan dari vitamin juga perlu serta makanan yang bergizi.

Mungkin semenjak kita menginjak Sekolah Dasar pasti diajarkan beberapa makanan yang mengandung vitamin dan makanan yang bergizi, salah satunya adalah makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Olahraga serta minum air putih yang cukup merupakan salah satu faktor pendorong untuk kita sehat.

Melihat sisi positif dari kegiatan tersebut pasti akan membuat tubuh kita sehat dan mampu dalam melakukan hal apapun. Dan apabila kita melakukan sebaliknya, kita jarang berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tentunya tidak akan mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

Kita ambil salah satu contoh dalam melaksanakan Shalat (bagi muslim). Dari kesimpulan gerakan yang dilaksanakan saat shalat adalah memerlukan suatu tenaga yang penting seperti sendi-sendi maupun otot-otot yang digerakkan dari dalam tubuh kita. Salah satu untuk memperlancar atau meregangkan otot-otot dalam tubuh tentunya kita harus olahraga dan mempunyai tubuh sehat.

Bayangkan apabila kita sebagai umat muslim yang berkewajiban untuk melaksanakan ibadah shalat, kita tidak bisa melaksanakan ibadah shalat sesuai apa yang diperintahkan oleh ALLAH SWT karena tubuh kita sakit. Berapa amalan kita yang telah terbuang karena tidak dapat melaksanakan shalat untuk menyembah dan berdoa kepada Allah SWT.

Shalat selain menjadi kewajiban bagi umat muslim yang berhak dilaksanakan, Shalat juga merupakan terapi kesehatan yang tanpa kita ketahui. Kita ambil dari contoh-contoh gerakan sholat yang sering kita laksanakan, gerakan-gerakan tersebut dapat memperlancar aliran darah yang ada di dalam tubuh, meregangkan otot-otot yang kaku. Bukan hanya itu saja, sebelum melaksanakan shalat tentunya kita wudlu. Wudlu ini sendiri mempunyai beberapa khasiat yang dapat membantu kesehatan bagi tubuh kita. Seperti halnya air yang dibasuh kepada wajah, hal itu dapat menyegarkan kembali badan kita dan membuat wajah cerah. Orang yang mempunyai wajah cerah pastinya ia juga mempunyai kondisi fisik yang sehat.

Baca juga :  Kisah Daud Menjadi Seorang Raja

Memang benar bahwa shalat dapat dilakukan dengan cara duduk maupun tidur. Tetapi hal tersebut dilaksanakan oleh orang-orang yang memang tidak dapat melaksanakan shalat sesuai ketentuan. Seperti orang yang sudah lanjut usia dan yang mengalami cacat. Mereka diperbolehkan untuk sholat dengan cara duduk maupun tidur, tetapi niat yang dilaksanakan sesuai dengan aturan agama.

Untuk itu, shalat juga merupakan hal yang wajib hingga yang penting bagi diri kita di dunia maupun di akhirat. Banyak hal positif yang kita dapat dari melaksanakan shalat. Selain memperkuat iman kita, shalat juga dapat membuat diri kita sehat.

Masih banyak ibadah-ibadah lain yang dapat membuat kondisi tubuh kita sehat seperti Shalat, Sa’i dll. Untuk itu, mempunyai badan sehat dan melakukan kegiatan positif maupun olahraga bukan hal yang merugikan bagi kita. Maka, kesimpulan dari bacaan singkat diatas bahwa kita harus benar-benar sehat akhlak dan fikiran agar dapat melaksanakan kegiatan duniawi yang nantinya akan dipertanggung jawabkan di akhirat.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top