You are here
Home > Tulisan > Umum > Pentingnya Memakai Kaca Spion Demi Keselamatan Kita Saat Berkendara

Pentingnya Memakai Kaca Spion Demi Keselamatan Kita Saat Berkendara

Belakangan ini masih banyak pengguna kendaraan bermotor khususnya roda dua yang belum melengkapi aksesoris berupa kaca spion sebagai alat untuk membantu saat berkendara. Masyarakat sendiri cenderung masih mengabaikan manfaat kaca spion, sehingga tidak jarang kecelakaan dalam berlalu lintaspun masih sering terjadi. Jika pengendara bermotor bisa mematuhi peraturan yang ada, maka kecelakaan dalam berlalu lintas dapat diminimalisir. Dengan adanya kelengkapan yang ada, kita akan lebih waspada dan berhati-hati dalam berkendara.

Untuk mengurangi terjadinya laka lalin dalam berlalu lintas, kali ini tim penulis dari Web resmi Kodam XVII/Cenderawasih akan mengingatkan kembali kepada para pembaca yang budiman agar diteruskan kepada keluarga, sodara, teman, maupun kerabat yang lain agar selalu berhati-hati dan waspada dalam berkendara. Kami akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Pentingnya kesadaran kita dalam menggunakan kaca spion saat berkendara.

Kaca spion merupakan hal yang mutlak harus ada bagi kendaraan roda dua maupun roda empat, karena hal tersebut sangat membantu kita dalam berkendara. Patut diketahui sahabat kesatria bahwa fungsi utama kaca spion adalah untuk membantu memastikan kondisi aman, ketika kita hendak berbelok atau menyusul kendaraan lain yang ada di depan kita. Adapun maksud dan kegunaan kaca spion tersebut dapat membantu anda memastikan bahwa tidak ada objek bergerak dari arah belakang yang bisa menimbulkan benturan.

Sebagai pengguna kendaraan roda dua, kita mesti ingat bahwa blind spot (titik buta) adalah bagian penting dari sekeliling kita yang tidak bisa kelihatan oleh penglihatan kita. saat pada saat mengemudikan kendaraan, karena hal tersebut mempunyai beberapa alasan seperti jangkauan pandangan yang terbatas cermin atau terhalang oleh muatan yang dibawa. Oleh sebab itu, kehadiran kaca spion sangat diperlukan untuk mengcover titik buta/blind spot tersebut.

Bahkan dalam undang-undang berlalulintas sudah memuat pasal-pasal yang dapat menjerat pengemudi bermotor apabila melanggar dalam berlalulintas. Hal tersebut termuat dalam Undang-Undang No. 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 285 ayat 1, pengendara akan ditilang atau didenda sebesar Rp 250 ribu jika kendaraannya tidak dilengkapi dengan kaca spion. Tapi alangkah baiknya, sebagai smart rider yang patuh hukum dan sadar akan keselamatan berkendara, kita tidak menggunakan undang-undang tersebut sebagai alasan menggunakan kaca spion.

Baca juga :  Survival

Selain itu, berbicara soal ukuran dan variasi kaca spion saat ini memang sangat bermacam-macam. Tapi, besar kecilnya kaca spion sangat mempengaruhi daya pandang kita saat berada di atas motor. Adapaun dampak idealnya terhadap kita adalah kita tetap menggunakan kaca spion yang dikeluarkan oleh pabrik motor karena daya pandang pada kaca spion tersebut telah lulus uji Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepada para sahabat kesatria jika anda merupakan pengemudi yang baik dan mematuhi peraturan, agar segeralah melengkapi alat perlengkapan kendaraan bermotor seperti kaca spion, Helm dan alat kelengkapan lainnya yang sekiranya dibutuhkan dalam perjalanan. Sehingga kita dapat mengatasi setiap permasalahan yang terjadi saat kita sedang menggunakan kendaraan kemanapun kita pergi. Apabila alat perlengkapan berkendara yang kita punyai lengkap tentunya dalam melaksanakan perjalananpun kita tidak merasa takut dan was-was apabila ketemu dengan petugas laulintas (Polisi).

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua terutama bagi para sahabat ksatria pelindung rakyat yang selalu aktif memonitor penerbitan tulisan-tulisan yang baru dari Tim kami. Dan jangan lupa di share iyah.. J agar teman-teman kita patuh terhadap aturan dan hukum yang berlaku.

Para sahabat Ksatria, kami juga memberikan kesempatan kepada para sahabat Ksatria apabila ingin berbagi pengalaman hidup yang berkesan maupun ingin memberikan saran pendapat atau ingin mengirimkan artikel-artikel yang bermanfaat bagi orang banyak serta ingin dipublikasikan di Website Resmi Kodam XVII/Cenderawasih, silahkan kirimkan tulisan/artikel anda, melalui info@kodam17cenderawasih.mil.id kami akan siap membantu untuk mempublikasikannya.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top