You are here
Home > Berita > Pentingnya Pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Bagi Generasi Muda

Pentingnya Pemahaman Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Bagi Generasi Muda

Merauke – Tidak henti-hentinya Kodim 1707/Merauke berupaya untuk terus menerapkan dan memberikan pemahaman tentang pentingnya Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara (Belneg) melalui aparat/Babinsa. Pada kesempatan kali ini yang diundang Kodim Merauke untuk menyampaikan pembekalan materi Wasbang dan Belneg kepada para Gumil/Pelatih adalah Kepala Sekolah SD Negeri 1 Merauke Ibu Sherly Resubun, S.Sos, M.A.P., yang kegiatannya dilaksanakan di Aula Anim Ha Makodim 1707/Merauke, Kamis (06/07).

Ibu Sherly mengatakan bahwa pemberian/pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara tersebut dalam rangka menyiapkan tenaga pengajar Gumil/Pelatih dari aparat kewilayahan yang selanjutnya akan diajarkan kepada para pelajar, siswa-siswi, generasi muda dan para Tokoh Masyarakat.

Materi tentang Wawasan Kebangsaan yang diberikan meliputi 4 (empat) Pilar Bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dimana sebagai warga Negara Indonesia kita wajib mempertahankan Ideologi Pancasila, mengamalkan UUD 1945 dan menjaga keutuhan NKRI serta bisa menghargai perbedaan karena walaupun kita ini berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

“Kegiatan pembekalan ini diharapkan mampu menjadi modal para Gumil/Pelatih dari aparat kewilayahan yang telah disiapkan agar nantinya benar-benar dapat, bisa dan mampu menyampaikan materi tersebut kepada masyarakat dan generasi muda di wilayah binaannya dengan baik”, ungkap Ibu Sherly.

Baca juga :  Anggota Kodim 1711/BVD Mengikuti Kegiatan Penyuluhan Hukum Dari Kumdam XVII/Cenderawasih

“Bila Gumil/Pelatih yang telah disiapkan saat ini memiliki kemampuan dan tehnik menyampaikan materi dengan baik, bisa dipastikan kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan semuanya akan berjalan lancar”, tegasnya.

“Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar para pengajar/Gumil nantinya mampu memahami dan menguasai setiap materi yang akan sampaikan sehingga pelaksanaan belajar mengajar akan berjalan dengan baik”, tambahnya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top