You are here
Home > Berita > Pentingnya Pengetahuan Hukum Bagi Prajurit dan Keluarganya

Pentingnya Pengetahuan Hukum Bagi Prajurit dan Keluarganya

Timika – Untuk semakin memperkaya pengetahuan tentang hukum, seluruh anggota Kodim 1710/Mimika, Satbapras dan Persit menerima penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh Kumdam XVII/Cenderawasih, di Aula Benteng Merah Putih Makodim 1710/Mimika, diikuti sekitar 120 personel gabungan di jajaran instansi TNI Mimika pada hari Senin (13/11).

Aturan mengikat bahwa, setiap anggota TNI merupakan Aparat Negara yang harus taat kepada hukum positif yang berlaku di Indonesia. Prajurit yang taat hukum tentunya harus memahami dulu dasar-dasar hukum yang ada sehingga setiap Prajurit memiliki batasan dalam bertindak secara proporsional dan profesional guna mendukung tugas pokok TNI.

Kasdim 1710/Mimika, Mayor Inf Antony Triwibowo membuka kegiatan ini dengan memberikan sambutan dengan mengucapkan terima kasih kepada tim penyuluhan hukum Kodam XVII/Cenderawasih yang telah hadir untuk memberikan pengetahuan tentang hukum bagi Prajurit kodim 1710/Mimika dan jajarannya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakakumdam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Baslindo, S.H., M.Si., selaku pimpinan kegiatan sekaligus membuka penyuluhan dengan memberikan sambutan bahwa kegiatan ini harus bisa dimanfaatkan oleh seluruh Prajurit dan Persit untuk mendapatkan pengetahuan tentang hukum yang berlaku bagi TNI AD.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Tim Hukum Kodam XVII/Cendrawasih bahwa, sebagai Warga Negara Indonesia kita semua harus patuh dan taat kepada hukum khususnya prajurit TNI-AD di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih. Tim dari Kumdam menyampaikan tentang keterkaitan antara hukuman yang dijalani prajurit dengan hak kesejahteraan yang harus diterima selanjutnya.

Baca juga :  Yonif 752/VYS Turut Memeriahkan Kegiatan Pameran Alutsista di Manokwari

Dijelaskan juga bahwa pelanggaran di Kodam XVII/Cenderawasih di tahun 2017 telah berkurang. Di akhir kegiatan Tim Kumdam menekankan untuk menjauhi tindak KDRT dan hindari pelanggaran yang akan merugikan diri kita sendiri maupun keluarga.

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta, dimana beberapa Prajurit mengajukan pertanyaan seputar pelanggaran prajurit dan konsekuensi yang akan diterima oleh Prajurit nantinya.

Penyuluhan ini juga mendapatkan apresiasi dari Prajurit dan Persit karena dengan adanya penyuluhan pengetahuan tentang hukum menjadi terbaharukan. Di akhir kegiatan dilaksanakan penyerahan buku sanksi administrasi terbaru dari Wakakumdam XVII/Cenderawasih kepada Kasdim 1710/Mimika. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top