You are here
Home > Pengetahuan > Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan

Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan merupakan kejadian terbakarnya hutan baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Skala/Jangkauan terbakarnya hutan pun bervariasi, ada yang hanya kebakaran hutan kecil dan juga sampai jutaan hektar yang terbakar. Kebakaran hutan dapat terjadi karena 2 faktor, yakni faktor Manusia dan Alam.

Disini ada sedikit perbedaan antara pembakaran hutan dan kebakaran hutan. Pembakaran lebih identik dengan kesengajaan manusia yang membakar hutan pada satu lokasi dan luasan yang telah ditentukan. Sedangkan untuk kebakaran hutan secara alami terjadi karena unsur tidak disengaja (Alam)

Berikut penyebab kebakaran hutan oleh manusia (Sengaja maupun tidak sengaja) :

  • Pembukaan lahan baru dengan cara membakarnya tanpa memperhatikan arah angin atau melakukannya secara ceroboh
  • Membuang puntung rokok sembarangan
  • Lupa mematikan api ketika sedang melakukan kegiatan di hutan (Kemah, Piknik dan lainnya)

Penyebab kebakaran hutan secara Alami :

  • Suhu pada musim kemarau yang sangat panas
  • Sambaran petir
  • Aktifitas dari Gunung berapi (aliran lahar dan awan panas)
  • Kebakaran yang terjadi didalam tanah, biasanya terjadi di daerah yang memiliki tanah gambut sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran, terutama di musim kemarau yang sangat panas (Ground Fire)
  • Gesekan antara pepohonan yang kemudian menimbulkan percikan api

Namun perlu diketahui, bahwa di negara Indonesia sangat jarang terjadi kebakaran hutan secara alami karena Indonesia memiliki tipe hutan tropis. Petir yang menyambar akan sangat jarang menimbulkan kebakaran karena petir biasanya akan diiringi oleh turunnya hujan. Pemicu lainya seperti gesekkan pohon, hal ini akan terjadi jika hutan tersebut sudah sangat kering dan tandus, maka dapat memungkinkan terjadinya kebakaran. Namun hal itu tidak akan terjadi selama hutan tropis di Indonesia masih terjaga kelembapannya.

Baca juga :  Cara Menyimpan File APK di HP Android

Kebakaran yang sering terjadi di Indonesia kebanyakan disebabkan oleh ulah manusia yang sering ceroboh tanpa memikirkan betapa pentingnya hutan tersebut. kebanyakan dipicu oleh pembakaran untuk membuka lahan dan pembakaran karena eksploitasi sumber daya alam. Sedangkan kebakaran tak disengaja lebih disebabkan oleh kelalaian karena tidak mematikan api unggun, pembakaran sampah, membuang puntung rokok, dan tindakan kelalaian lainnya.

Untuk itu perlu diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang sering membuka lahan, membakar sampah, membuang puntung rokok sembarangan, diharapkan agar lebih peduli lagi terhadap hutan, Karena Hutan merupakan unsur penting dalam menunjang kehidupan kita sehari-hari. Sebagai Sumber Makanan, Menyediakan Oksigen (O2), Menyerap Karbon Dioksida (CO2),  Mencegah erosi, dan Sebagai sarana pendidikan juga bagi anak cucu kita kelak. Jaga hutan Indonesia. A.R.M

Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan
Penyebab Terjadinya Kebakaran Hutan
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top