You are here
Home > Berita > Penyelamatan Korban Kapal Tenggelam KM. Samudera Di Perairan Kep. Yapen

Penyelamatan Korban Kapal Tenggelam KM. Samudera Di Perairan Kep. Yapen

Yapen – Danramil 1709-02/Yaptim Kapten Inf Acep Setiawan beserta anggotanya melakukan proses evakuasi terhadap korban laka laut tenggelamnya KM. Samudera di perairan Serui Kabupaten Kepulauan Yapen, Rabu (22/12).

Kejadian tenggelamnya KM. Samudera milik H. Idris asal Kabupaten Mamberamo ini berawal ketika KM. Samudera yang bertolak dari Kab. Mamberamo menuju ke Kab. Kep. Yapen untuk mengambil barang belanjaan milik H. Idris. Kapal ini juga mengangkut sekitar 74 (tujuh puluh empat) orang yang ikut ke Serui. Nahas, saat berada di sekitar Teluk Sumberbaba Distrik Yapen Timur Kab. Kep. Yapen, papan kayu lambung bagian kanan kapal terlepas karena dihantam gelombang tinggi, dan kapal mulai dibanjiri air laut.

Sekitar pukul 03.30 WIT, Nahkoda kapal Sdr. Sahrul 36 th, menyampaikan kepada penumpag agar tidak ada yang tinggalkan ataupun melompat keluar dari kapal, akan tetapi ada beberapa orang penumpang yang nekat melompat keluar dari kapal saat itu. Kemudian sekitar pukul 04.00 WIT kapal miring dan terbalik, lalu penumpang berusaha menyelamatkan diri dengan berpegangan pada kapal yang terbalik dan mengapung, juga menggunakan pelampung dan jerigen besar.

Selanjutnya salah seorang penumpang an. John Yohanis Pabendan menghubungi Kepala Distrik Barapasi Kab. Mamberamo untuk meminta bantuan, kemudian dilanjutkan oleh Ka Distrik dengan menelpon Danramil 1709-02/Yaptim. Menerima telpon darurat dari Ka Distrik Barapasi tentang laka laut, Kapten Acep Setiawan segera menghubungi Kapolsek Yaptim dan melaporkan kepada Dandim 1709/Yawa. Setelah itu Danramil berkooordinasi dengan pihak perusahaan kayu SWPI yang ada di Distrik Yapen Timur untuk melakukan evakuasi korban laka laut KM. Samudera.

Baca juga :  Mempererat Kebersamaan Dengan Masyarakat Tigi, Anggota TNI Bantu Bangun Jembatan

Kapal Speedboat perusahaan yang meluncur lebih awal untuk memberikan pertolongan pertama kepada para korban yang selamat, kemudian disusul kapal Tugboat Sinar Jayawijaya milik perusahaan menuju TKP dan berhasil mengevakuasi 75 korban yang selamat, Selanjutnya mereka ditampung dihalaman Makoramil 1709-02/Yaptim. Sementara itu, 1 orang korban belum ditemukan dan masih dalam pencarian.

Hingga release ini dibuat, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo, SH., beserta Kapolres Kep. Yapen dan pihak Basarnas serta Polair Polres Yapen, menuju TKP guna melakukan penyisiran dan pencarian korban yang belum ditemukan. (Prd/Cen).

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top