You are here
Home > Berita > Penyerahan Diri TPN/OPM Menjadi Kado Spesial Di HUT Republik Indonesia Ke-72

Penyerahan Diri TPN/OPM Menjadi Kado Spesial Di HUT Republik Indonesia Ke-72

Yapen – Bertempat di Lapangan sepak bola Kampung Wadapi, Distrik Wadamomi, Kab. Kep. Yapen, telah berlangsung Deklarasi TPN/OPM Wilayah Timur di bawah pimpinan Korinus Sineri berserta 49 orang anggota dan sekitar 300 0rang para simpatisan TPN/OPM untuk kembali dan bergabung ke pangkuan NKRI, Kamis (17/08/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Danrem 173/PVB Brigjend TNI I Nyoman Cantiasa, Bupati Kep. Yapen Tony Tessar S.Sos, Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo. SH, Kapolres Kep. Yapen AKBP Dharma Suwandito, Ketua DPRD Kep. Yapen Melianus Wayangkau, para pimpinan SKPD Kep. Yapen serta para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan seluruh masyarakat Kampung Wadapi dan sekitarnya yang turut mengambil andil pada kegiatan tersebut.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Kesetiaan oleh Korinus Sineri dan diikuti oleh seluruh anggota Eks TPN/OPM Wilayah Timur Kepulauan Yapen.

Pada Ikrar Kesetiaan tersebut Eks TPN/OPM Wilayah Timur Kepulauan Yapen menyatakan bahwa akan selalu setia pada NKRI dan mendukung Pancasila sebagai Ideologi Negara, menolak kelompok anti pembangunan yang mengatas namakan perjuangan kemerdekaan Papua dan menjadi musuh bersama, menghentikan aksi-aksi bersenjata dan siap mendukung pembangunan, bersedia mengajak saudara-saudara mereka yang masih berada di hutan agar segera turun dan kembali ke pangkuan NKRI serta meminta kepada aparat keamanan (TNI/Polri) agar menjamin keamanan bagi anggota Eks TPN/OPM yang telah kembali dan menyerahkan senjata api dan munisi secara sukarela.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan senjata api dan Bendera Bintang Kejora kepada Danrem 173/PVB Brigjend I Nyoman Cantiasa oleh Eks Kepala TPN/OPM Wilayah Timur Korinus Sineri sebanyak 30 pucuk senjata api rakitan dan organik serta sekitar 200 butir munisi.

Setelah itu, dilaksnakan pula pemakaian Baju Merah Putih, pemasangan ikat kepala dan penyerahan Bendera Merah Putih Oleh Danrem 173/PVB dan diikuti oleh Dandim 1709/Yawa, Bupati Kepulauan Yapen serta seluruh Muspida yang hadir kepada Eks TPN/OPM, sebagai tanda telah kembali dan bergabung ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Baca juga :  Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Melakukan Pendampingan Kepada Petani

Dalam sambutannya Danrem 173/PVB mengatakan bahwa kita semua adalah saudara, untuk itu jangan mudah untuk di adu domba. Yang harus kita pikirkan sekarang ialah bagaimana caranya untuk membangun generasi muda di masa mendatang karena merekalah yang nantinya akan melanjutkan perjuangan Bangsa Indonesia.

“Kita tidak selamanya bisa membangun masa depan generasi muda, tetapi kita bisa membangun generasi muda untuk masa depannya yang lebih cerah untuk itu kita harus siapkan mereka. Saya juga telah berdiskusi dengan Bupati dan para Muspida yang lain agar kedepannya pembangunan di Kepulauan Yapen bisa lebih dioptimalkan lagi sehingga Kepulauan Yapen dapat bersaing dengan daerah-daerah lainnya dalam bidang pembangunan,” ujar Danrem.

“Saya juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati dan pihak-pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan deklarasi anggota TPN/OPM dan Simpatisan untuk kembali ke pangkuan NKRI. Hari ini adalah hari bersejarah di Kepulauan Yapen,” tutup Brigjend I Nyoman Cantiasa.

Sebagai penutup dilaksanakan pula peresmian Pos Ramil Distrik Wadamomi Dari Koramil 1709-01/Yapsel, yang merupakan upaya dari Kodim 1709/Yawa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dibidang keamanan dan Teritorial serta peresmian Koperasi yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung Wadapi.(Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top