You are here
Home > Pengetahuan > Pepaya, Pohon Ajaib Penuh Manfaat

Pepaya, Pohon Ajaib Penuh Manfaat

Gambar diatas nampak bagian tumbuhan yang pastinya tidak asing bagi kita dan yang jelas kita pernah mencicipi buahnya. Yap itu adalah pohon pepaya, selain buahnya yang bisa dimakan langsung apabila sudah matang, tetapi saat masih mentah bisa juga dimasak sebagai sayur.

Selain buah dari pohon pepaya tetapi daunnya juga dimanfaatkan sebagai sayur, lalapan bahkan juga obat tradisional. Khasiat daun pepaya sudah terbukti sejak dulu dan sudah terbukti menyembuhkan berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang sudah terbukti dapat disembuhkan adalah cacingan, malnutrisi pada bayi, demam berdarah, dan nyeri haid. Bahkan menurut penelitian terbaru daun pepaya juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Ternyata begitu banyak khasiat dari daun pepaya ini yang tidak kita ketahui. Walaupun rasanya pahit tetapi memiliki begitu banyak manfaat , kandungan nutrisi dari daun pepaya diantaranya:

Vitamin A 18250 SI, Vitamin B1 0,15 mg, Vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal, Protein 8,0 gram, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg , Fosfor 63 mg, Besi 0,8 mg, Air 75,4 gram. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing.

Tetapi selain buah dan daun yang mengandung banyak Nutrisi ternyata getah dan akar dari pohon pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

Inilah beberapa cara meramu daun pepaya untuk dijadikan obat

Untuk Penyakit Demam Berdarah

Cara pengolahannya yaitu ambil 5 lembar atau secukupnya daun pepaya, kemudian rebusĀ  dengan 3 gelas air tunggu hingga tersisa 1 gelas saja Kemudian di minum tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya kecuali sedah dalam tahap yang mengkhawatirkan

Masker Anti Jerawat

Selain untuk kesehatan ternyata daun pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang jerawat. Cara awalnya daun pepaya harus dalam keadaan kering, daun pepaya yang kering kemudian dihaluskan dan dicampur dengan air dan kemudian tinggal diooleskan di wajah.

Baca juga :  Otonomi Daerah Dalam Perspektif Lingkungan, Nilai, dan Sumber Daya

Senyawa Anti Kanker

Ada suatu penelitian bahwa batang dan daun pada pohon pepaya banyak mengandung getah berwarna putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang besar akan dikembangkan sebagai anti kanker. Senyawa ini akan otomatis kita dapat saat kita mengolah daun pepaya dengan cara apapun.

Sebagai Obat Sakit Perut Bagi Balita

Bagi para ibu yang mempunyai balita yang sering mengalami kembung mungkin resep ini akan cocok, Siapkan 2 lembar daun pepaya, 2 tangkai daun dadap serep dan kapur sirih. Tumbuk semua bahan tersebut dan setelah itu jadikan bedak yang dioleskan di perut si balita

Mengobati Nyeri Saat Haid

Bagi Para ladies pasti akan mengalami Haid, nah racikan ini mungkin akan berguna untuk mengutrangi rasa nyeri saat Haid sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan rebus hingga matang. Untuk hasil yang maksimal usahakan diminum saat masih hangat

Sekian yang saya sampaikan saat ini, semoga apa yang telah saya terangkan diatas bisa lebih berguna bagi anda sekalian, kami tunggu saran dan komentar anda. Bisa juga anda komentar di Facebook kami (https://www.facebook.com/Kodam17Cenderawasih) atau twitter kami di (www.twitter.com/@kodam17Cen) Akhir Kata terimakasih dan semoga bermanfaat. (AEBS/AKN)
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top