You are here
Home > Tulisan > Teknologi Informasi > Peran E-Commerce Dalam Perekonomian Masa Kini di Papua

Peran E-Commerce Dalam Perekonomian Masa Kini di Papua

Seiring perkembangan teknologi informasi khususnya internet dewasa ini, tercipta jenis dan peluang bisnis yang baru dimana transaksinya dilakukan secara elektronik. Internet memberi pengaruh globalisasi di semua aspek kehidupan, termasuk jual beli online atau yang disebut dengan electronic commerce (e-commerce). Dalam e-commerce, tidak hanya jual beli saja melainkan semua penawaran barang atau jasa. e-commerce menawarkan kemudahan penawaran barang dan jasa yang lebih efektif dan efisien.

E-commerce adalah kegiatan bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti penjualan, pembelian, pelayanan, informasi, dan perdagangan melalui perantara yaitu melalui suatu jaringan komputer, terutama internet. Pada dasarnya e-commerce adalah proses transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi terutama internet di Papua telah membawa perubahan di segala bidang. Dengan adanya e-commerce, diharapkan kakayaan alam, budaya, pendidikan dan pariwisata dapat lebih dieksplorasi supaya dunia dapat mengetahui potensi Papua sebagai tujuan investasi maupun tujuan wisata.

Dikarenakan oleh kondisi geografis Papua yang sangat ekstrim dan menjadi kendala bagi orang dari berbagai daerah untuk saling bertemu, e-commerce merupakan alternatif bisnis yang mempunyai prospek sangat baik dengan segala kemudahannya. Hal ini dimungkinkan karena pihak penjual (merchant) maupun pembeli (buyer) dalam proses negosiasi tidak memerlukan proses pertemuan yang terhalang oleh letak geografis dan waktu serta harga dapat di update secara cepat dengan harga yang semakin kompetitif.

Untuk keamanan dalam setiap transaksi e-commerce misalnya menggunakan kartu kredit ataupun nomor rekening maka akan disandikan (encription) supaya pihak ketiga atau yang sering kita kenal dengan cyber crime dapat diminamilisir aksi kejahatanya. Perkembangan e-commerce di Papua masih tergolong lambat, hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor diantaranya:

  1. Infrastruktur internet yang belum memadai, misalkan jaringan fiber optic yang belum sampai di wilayah Papua sehingga sering terjadi gangguan dan tergantung cuaca
  2. Perkembangan infrastruktur kota dan kabupaten yang lambat misalnya di daerah-daerah pengunungan yang akses telepon saja masih sulit apalagi untuk internet.
  3. Kurangnya sumber daya manusia (SDM) di Papua yang benar-benar menguasai sistem e-commerce ini secara menyeluruh, yang tidak saja menguasai secara teknis juga non-teknis seperti sistem perbankan, lalu lintas perdagangan hingga sistem hukum yang berlaku. Salah satu alasan yang cukup utama yaitu masih kurangnya ketersediaan informasi, mulai dari buku-buku referensi, jurnal, majalah/tabloid yang membahas tentang e-commerce juga sarana pendidikan, seminar, workshop hingga pusat-pusat pengembangan yang dibangun antara pemerintah, pusat-pusat pendidikan dan tenaga ahli di bidang e-commerce.
  4. Sistem jaringan pengiriman yang baik dan aman masih belum terwujud, hal ini dikarenakan situasi kemanan di Papua yang kurang kondusif.
Baca juga :  MEMBUAT LOGO DENGAN MENGGUNAKAN SHAPES MS.POWERPOINT

Sedangkan peluang-peluang yang ada, kesemuanya itu tentunya diharapkan memberikan energi atau semangat khusus bagi semua pihak bahwa sebenarnya e-commerce dapat menjadi solusi baru bagi ketertinggalan kita di semua bidang selama ini, seperti:

  1. Kekayaan alam Papua yang melimpah serta keindahan alamnya sebagai tujuan wisata bisa dipromosikan melalui e-commerce.
  2. Kondisi geografis Papua yang sangat mendukung berkembangnya e-commerce. Dengan sulitnya mengakses daerah-daerah di Papua, Ie-commerce merupakan jalan terbaik untuk bertransaksi maupun mempromosikan barang dan jasa.
  3. Begitu banyaknya bahan alam yang dapat diolah menjadi produk nasional yang dapat dipromosikan baik di dalam maupun luar negeri.
  4. Begitu banyaknya adat-istiadat dan budaya yang ada di Papua, merupakan sumber inspirasi bagi perkembangan usaha kerajinan yang dapat menjadi sumber perdagangan dan komoditi pariwisata jika dikelola dengan baik.

 

Mengingat begitu pentingnya e-commerce merupakan peluang bagi para pengusaha khususnya pengusaha kecil dan menengah untuk menembus pasar global yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional. Diperlukan upaya bersama untuk:

  1. Sosialisasi dan edukasi pasar e-commerce Indonesia di Papua.
  2. Penyiapan infrastruktur fisik yang mendukung aplikasi e-commerce.
  3. Peningkatan kualitas produk lokal menjadi nasional agar dapat memenuhi standar internasional dalam menembus pasar global.

Seiring berjalannya waktu dan semakinĀ  memadainya SDM yang siap di Papua, infrastruktur juga terus ditingkatkan oleh pemerintah dengan e-commerse ini kekayaan dan keindahan alam Papua bisa tereksplor sehingga ekonomi masyarakat Papua diharapkan akan semakin baik. (BI/Cend)

Leave a Reply

*

Top