You are here
Home > Pengetahuan > Militer > PERBEDAAN PISIR DAN PIJERA

PERBEDAAN PISIR DAN PIJERA

Bagi Seorang Prajurit menembak merupakan kemampuan yang harus dimiliki dan diasah, namun tidak menutup kemungkinan masih ada prajurit yang belum paham dengan yang di sebut Pejera dan Pisir (Senjata Api) berikut penulis akan membagikan ilmu tentang Perbedanaan Pejera dan Pisir :

Pisir
Pisir

PISIR (senjata api) adalah alat yg dipasang pada belakang  senapan dekat popor untuk menepatkan arah sasaran dengan posisi kiri-kanan pd waktu membidik.     Pisir terdiri dari dua buah bagian terbuat dari bahan besi atau logam campuran yang berbentuk kotak dan tengahnya membentuk lingkaran (ring) ada juga yang berbentuk “V” yang digunakan untuk meluruskan dengan Pejera.

Pijera
Pijera

Pijera  (senjata api) adalah sebuah sistem penanda yang berada di ujung laras dan berfungsi untuk melakukan bidikan dengan posisi atas-bawah pada senjata api laras panjang maupun pendek. Bidikan (pijera) besi terdiri dari dua buah bagian yang terbuat dari bahan besi. Bidikan bagian belakang berdiri tegak sejajar dengan sudut pandangan mata (line of sight) biasanya berbentuk cekukan (notch) model huruf V atau U untuk bidikan tipe open sight atau aperture untuk bidikan tipe closed sight, dan berada di depan/ujung laras. Jadi pada saat akan menembak maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyamakan kelurusan pisir dengan pijera terlebih dahulu dengan menempatkan pipi pada popor senapan dan selanjutnya membidik dengan cara melihat pada lubang pisir dan luruskan dengan pijera pada ujung laras, usahakan Lubang pada pisir di Paskan dengan Kanan-kiri pijera dan tengah besi tengah pijera harus dipaskan ke sasaran yang dituju, ambil napas secara teratur tahan napas dan tekan picu tanpa dihentak (seperti diremas). Dengan mengetahui perbedaan pisir dan pijera maka penembak akan lebih mengetahui arah dan sasaran yang dibidik sudah sesuai atau belum.

Baca juga :  Lomba Ton Tangkas

BERIKUT CONTOH GAMBAR CARA MEMBIDIK YANG BAIK DAN BENAR

Cara menembak yang baik dan benar
Cara menembak yang baik dan benar

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

4 thoughts on “PERBEDAAN PISIR DAN PIJERA

  1. om bagaimana aturan setingan teleskop yg sebenarnya? soalnya jarak antara laras mimis dengan titik diteleskop memiliki beberapa centimeter, di antara jarak dekat dengan jauh pasti beda titik sasaran pendapat saya, bagaimana dgn pendapatnya sendiri?

    1. coba anda seting teleskop dengan jarak 10 M dulu, setelah itu anda coba tembakkan sasaran dari jarak 10 M dari senjata anda (atur perkenaan atas bawah dan kiri kanan nya) penggunaan telskop tidak sama dengan penggunaan pijera, anda harus dapat memperkirakan jarak sasaran dengan senjata anda, nah jarak itulah yang harus sesuaikan dengan setelan jarak pada teleskop. Selamat mencoba

Leave a Reply

*

Top