You are here
Home > Berita > Percepatan Cetak Sawah Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan

Percepatan Cetak Sawah Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan

Sorong – Tim Percepatan Cetak Sawah (PCS) TNI-AD dan Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang dipimpin Brigjen TNI Hendra Yus dan rombongan 4 orang yaitu Kolonel Inf Ignatius Yogo Triono, Ir.Budi Irianta dan Andreas ST dari Kementan RI serta Pabanda Komsos Sterdam XVII/Cenderawasih Kapten Inf Gafur, Kamis, (4/8).

Tim PCS disambut langsung oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf Dian Sundiana S.E., Para Kasi Korem 171/PVT, Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos, Kadistan Prov. Papua Barat dan para Kalaklap. Dalam kunjungannya Tim PCS ke Wilayah Kodim 1704/Sorong mengecek seluruh kegiatan yang telah maupun yang sedang dilaksanakan hingga saat ini.

Sebelum meninjau ke lapangan Tim PCS menerima paparan dari Kasiter Korem 171/PVT Kolonel Inf Ali Aminudin S.E., tentang evaluasi pelaksanaan kegiatan Perluasan lahan. Ketua Tim PCS Brigjen TNI Hendra Yus sebelum memberikan arahan mengatakan, terima kasih atas penyambutanya beserta Tim yang datang ke Sorong, selanjutnya kegiatan yang dilaksanakan Cetak Sawah saat ini intinya adalah untuk mewujudkan Ketahanan Pangan, kalau ketahanan pangan terwujud maka ketahanan nasional terwujud sehingga setiap daerah di seluruh tanah air akan mempunyai kekuatan terhadap aspek pangan, sehingga ke depan kita tidak impor lagi, kita kuat mandiri dan instruksi itu datang langsung dari Bapak Presiden Joko Widodo kepada Kementan RI kemudian dimintakan TNI AD untuk membantu. Karena sudah diminta untuk membantu mau tidak mau TNI AD harus dan bekerja keras bersama dengan dinas pertanian setempat, PPL dan Gapoktan dan para Kalaklap yang ada di wilayah untuk mewujudkan Perintah dari Presiden RI.

Baca juga :  Jaga Tali Silaturahmi Dengan Masyarakat, Babinsa Lakukan Komsos

Pada kegiatan peninjauan di lapangan, Tim PCS melaksanakan pengecekan lahan yang dilaksanakan di lokasi Kelurahan Klamalu, Kel. Mariyai, kampung Matawolot dan dilanjutkan ke kampung Makbalim Kab. Sorong. Disela-sela peninjauan lapangan Tim PCS melaksanakan pemeriksaan penyemaian padi dengan para Babinsa dan Kelompok Tani yang rencana akan dilaksanakan penanaman padi secara serentak pada tanggal 15 Agustus 2016 di Wilayah Kab. Sorong

Dalam kesempatan terpisah dihadapan kelompok tani Komandan Kodim (Dandim) 1704/Sorong Letkol Inf Aulia Fahmi Dalimunte, S.Sos menyampaikan kepada para Kelompok Tani agar lebih semangat dalam membantu cetak sawah. Babinsa yang mendampingi saja semangat, apalagi para petani seharusnya lebih semangat dalam menyukseskan kegiatan Program Cetak Sawah sehingga dapat meningkatkan Swasembada Pangan.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Pasiter Kodim 1704/Sorong Kapten Inf Muchlison Efendi, S.H., para Babinsa di Wilayah Kab. Sorong, Kadis Pertanian Kab. Sorong, Kabid PSP Dinas Pertanian Kab. Sorong dan para Gapoktan Kab. Sorong. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top