You are here
Home > Berita > Peresmian Pelaksana Tugas Walikota Sorong Provinsi Papua Barat

Peresmian Pelaksana Tugas Walikota Sorong Provinsi Papua Barat

Sorong – Danrem 171/PVT Brigjen Purnawan Widi Andaru SH. diwakili oleh Pasiter Rem 171/PVT Mayor KAV. Abdul Mufid menghadiri Acara Peresmian Pelaksana Tugas Walikota Sorong Provinsi Papua Barat yang dipimpin Gubernur Provinsi Papua Barat Drs. Abraham O.Artururi, bertempat di gedung Samusiret kantor walikota Sorong, Senin (07/11).

Dalam sambutannya Gubernur Drs. Abraham O.Artururi menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang 10 Tahun 2016 dan Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti, di luar tanggungan Negara bagi Gubenur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. Beliau menegaskan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama selama masa kampanye harus menjalani cuti di luar Tanggungan Negara dan dilarang menggunakan fasilitas  yang terkait dengan jabatannya serta ditunjuk pelaksana tugas Gubernur, Bupati, Walikota sesuai Ketentuan di atas, maka Menteri Dalam Negri menunjuk salah satu pejabat di lingkungan pemerintah provinsi Papua Barat untuk menjadi pelaksana Tugas Walikota Sorong.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menjelaskan tugas pokok seorang Plt Walikota yaitu ;

  1. Memimpin Pelaksana urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang di tetapkan bersama DPRD.
  2. Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.
  3. Memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang defenitif serta menjaga netralitas PNS Atau ASN.
  4. Menandatangani Perda tentang APBD dan Perda tentang organisasi perangkat daerah setelah mendapat persetujuan tertulis dari menteri dalam negeri.
  5. Melakukan pengisian dan penggatian pejabat berdasarkan perda perangkat daerah setelah mendapat persetujuan dari menteri dalam negeri.

Beliau juga menenkankan kepada pelaksana tugas Walikota Sorong, agar nantinya melaksanakan beberapa hal sebagai berikut ;

  1. Merangkul semua kelompok yang ada di masyarakat Sorong Kota.
  2. Mengoptimalkan koordinasi dengan DPRD/Partai Politik, Forkompimda, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan dalam menjaga stabilitas politik dan pemerintahan di kota Sorong.
  3. Menjaga netralitas PNS atau ASN dalam pelaksanaan Pemiliham Walikota/Wakil Walikota Sorong dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat. Menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kota Sorong yang terdaftar dalam DPT untuk memberikan hak suara di TPS masing-masing pada saat pemungutan suara.
  4. Menghindari pengambilan kebijaksanaan yang dapat menimbulkan konflik horizontal di masyarakat dan kontraproduktif terhadap tugas-tugas pemerintahan.
Baca juga :  Denma Brigif 20/IJK Ambil Bagian Dalam Kegiatan Karya Bakti Hari Juang Kartika

Di akhir sambutannya, Gubernur memerintahkan Plt Walikota Sorong untuk memfasilitasi Pilkada kota Sorong serta memberikan masukan yang membangun dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Plt Walikota Sorong yang Baru saja dikukuhkan agar memfasilitasi Pilkada di kota Sorong. Berikanlah saran dan masukan yang sifatnya membangun, untuk dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di kota Sorong dengan baik”, tutup Gubernur.

Turut hadir dalam kegiatan, Plt. Walikota Sorong Jakonias Sawaki SH,MM, Pimpinan DPR-MPR Provinsi Papua Barat, Unsur Forkompimda, Danlantamal XIV diwakili Letkol Laut A.H. Sabale, Ketua KPU Kota Sorong, Ketua Bawaslu Prov. Papua Barat, Ketua Panwaslu  Kota Sorong, Para Pejabat Eselon II dan Pimpinan SKPD. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top