You are here
Home > Berita > Peringati Hari Guru, TNI Beri Kejutan Guru Di Perbatasan

Peringati Hari Guru, TNI Beri Kejutan Guru Di Perbatasan

Keerom – Apapun profesi, pangkat dan jabatan kita, mulai dari para pejabat tinggi negara sampai kalangan biasa, kita bukanlah apa-apa tanpa jasanya para Guru. Jasa Guru sangat luar biasa, kita bisa menjadi orang sukses, hebat, dipercaya banyak orang, banyak masa, bisa mencapai puncak karier sehingga berpengaruh pada bangsa dan negara bahkan dunia, itu semua berkat jasa dan gemblengan para guru kita. Para Guru merupakan Pahlawan tanpa tanda jasa, tetapi sayang masih banyak guru yang kesejahteraannya  masih jauh dari yang di harapkan khususnya para guru kita di daerah terpencil di perbatasan.

Sebagai ungkapan terima kasih pada hari Guru ini, jajaran TNI di wilayah Keerom memberikan kejutan hadiah pada Guru diperbatasan. Dansatgas Yonif 410/Alugoro Letkol Inf M Heri Amrullah, S.Sos. yang didampingi para Danki, Perwira Staf serta Danramil Waris membuat kejutan pada Guru yang mengabdikan diri didaerah terpencil  perbatasan negara RI-PNG dengan memberikan hadiah kue ulang tahun bertepatan dengan Hari Guru yang diperingati tiap tanggal 25 Nopember.

Sekolah yang di tuju Dansatgas pertama kali SD YPPK Kenandega, Kp Banda, Distrik Waris, Kab Keerom membuat kejutan memberikan kue ulang tahun Hari Guru di SD ini. Yang beruntung mendapatkan kue ini Ibu Suli May (33 th) pada saat sedang mengajar, hal ini membuatnya terkejut, haru bercampur bahagia. Suli May yang hanya lulusan SMA berstatus sebagai guru honorer mengabdi menjadi guru di perbatasan selama 11 th.

“Sangat-sangat terima kasih karena mendapatkan kunjungan pada hari kami Hari Guru, karena selam ini tidak pernah ada kunjungan seperti ini. Saya sangat bangga, sangat terharu, karena kami yang berada di daerah terpencil ini bisa menikmati Hari Guru” kata Suli May

Kepala SD YPPK Kenandega Elias Yohanes Djuma, SE. menyampaikan hal yang sama. “Terima kasih banyak atas kunjungan dari Danyon dan teman-teman atas kepeduliaan terhadap para Guru sangat diperhatikan. Kedepannya hanya minta lebih diperhatikan kami secara menyuluruh” kata Kepala Sekolah singkat. Selanjutnya rombongan menuju ke SD YPPK Pulbao, Kp Yuwainda, Distrik Waris Kab Keerom.

Guru yang beruntung mendapatkan kejutan hadiah kue  ini Bp Nobertus Tuo, S.Pd. (28 th) pada saat sibuk dan konsentrasi sedang mengajar murid-murid kelas 1 SD. Nobertus berstatus sebagai guru kontrak yang hidup  dengan penuh kesedehanaan dan masih numpang digubuk sederhana punya orang tua. Beliau mengabdikan diri sebagai Guru diperbatasan selama 6 th semenjak tahun 2011 dengan status sebagai guru kontrak di gaji 2 juta diterima tiap 6 bulan sekali, ini merupakan waktu penantian yang cukup lama.

Pada hari Guru ini, atas dharma baktinya di dunia pendidikan ia mendapat kejutan dari Dansatgas kue ulang tahun. Hal ini tidak disangka-sangka sebelumnya, secara spontanitas ia mengungkapkan kegembiraanya. “Saya sangat bersyukur dan terima kasih, karena kejutan ini baru kali ini tejadi di SD Pulboa. Ini merupakn dorongan dan semangat buat kami bisa mengabdi buat anak-anak (mengajar) di negeri ini. Kami juga khusus mengucapkan terima kasih kepada satuan TNI AD sudah memperhatikan atau peduli terhadap kami secara khusus juga jasa para Guru. Harapan saya kedepannya bisa seperti ini lagi ” kata Nobertus setelah menerima kue ulang tahun.

Baca juga :  Tim Kesehatan Masih Temukan Banyak Warga Derita Penyakit Kulit

Selain membuat kejutan dengan memberikan kue ulang tahun, Satgas juga membagikan bingkisan sembako kepada para Guru SD YPPK Pulboa. Untuk seluruh murid-murid, Satgas memberikan bingkisan snack atau makanan ringan, hal ini membuat hati senang para Guru dan murid-murid.

Kepala SD YPPK Pulboa yang di wakili Ibu Siti Rukiyah, S.Pd menyampaikan terima kasih pada jajaran TNI khususnya Satgas. “Saya mewakili Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dari TNI yang memperhatikan pendidikan khususnya di pedalaman. Kami terima kasih juga atas dukungan dan perhatiannya, mudah-mudahan kedepannya ada perubahan yang positif. Harapan kami pada pemerintah untuk memperhatikan tenaga guru supaya ada perubahan dan SDM perlu diperhatikan lagi.

Dansatgas didepan para guru SD YPPK Pulboa atas nama TNI dalam hal ini Satgas Yonif 410/Alugoro dan Kodim 1701/Jayapura menyampaikan selamat Hari Guru. “Kami mengucapkan Hari Guru. Hari ini kami juga memberikan sedikit kado sebagai apresiasi kami dari TNI untuk para Guru-guru diperbatasan yang telah mengabdikan dirinya, atas dedikasinya pada anak-anak diperbatasan untuk mendapatkan ilmu masa depan mereka” kata Dansatgas didepan para guru.

Pada kesempatan itu juga Dansatgas dan rombongan memeriksa lingkungan SD YPPK Pulboa ini,  Sebagai gambaran kondisi bangunan SD sangat memprihatinkan, lantai teras banyak yang berlubang dan retak, fasilitas kurang memadai, hanya ruang kelas 5 dan 6 yang ada fasilitas meja dan kursi, kelas lain tidak ada sehingga para murid duduk dilantai saat proses belajar mengajar, sebagian besar para siswa tidak berseragam dan tidak beralas kaki, serta ruang guru juga belum ada.(Prd/cen)

Leave a Reply

*

Top