You are here
Home > Berita > Peringati Kembalinya Irian Barat Kepangkuan NKRI

Peringati Kembalinya Irian Barat Kepangkuan NKRI

Jayapura – Menyambut hari kembalinya Irian Barat kepangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke-54, Kodim 1701/Jayapura berbenah diri melakukan persiapan dengan melaksanakan kegiatan Karya Bhakti pembersihan dan pengecetan Tugu Papera yang berada di Apo, Kelurahan Bayangkara, Kecamatan Jayapura Utara, Papua, pada hari Senin (10/05).

Kegiatan Karya Bhakti tersebut dimaksudkan sebagai upaya Kodim 1701/Jayapura untuk mengajarkan dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat Papua serta seluruh pelajar di Papua bahwa pada 54 tahun yang silam telah terjadi peristiwa besar dimana Irian Barat bisa kembali kepangkuan NKRI atas usaha dan jerih payah para pejuang pembela kemerdekaan Republik Indonesia.

Bahwa pada masa lalu, perwakilan dari seluruh tokoh Masyarakat yang ada di Papua memberikan suaranya untuk menentukan nasib Papua (Irian Barat) dengan melaksanakan Penentuan Pendapat Rakyat yang kini kita lebih mengenal dengan PEPERA yang hasilnya mayoritas perwakilan memilih menjadi bagian NKRI.

Baca juga :  Wakil Bupati Jayawijaya Buka TMMD, Satgas Langsung Beraksi

Untuk mengenang dan mengabadikan kejadian pada peristiwa yang sangat bersejarah tersebut maka kemudian dibangunlah sebuah Tugu yang kita kenal sebagai Tugu Pepera yang digunakan sebagai tanda peringatan Kembalinya Irian Barat ke Pangkuan Ibu Pertiwi NKRI pada tanggal 1 Mei 1963. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top