You are here
Home > Sisi Lain > Persit KCK > Pertemuan Rutin Persit KCK Cab. XX Kodim 1705/Paniai

Pertemuan Rutin Persit KCK Cab. XX Kodim 1705/Paniai

Nabire – Persit Kartika Candra Kirana Cab. XX Kodim 1705/Paniai melaksanakan kegiatan pertemuan rutin dengan pembahasan tentang kesehatan anak bertempat di Aula Kodim 1705/Paniai, Senin (5/12).

Dalam pertemuan ini Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab. XX Kodim 1705/Paniai Ny. Jerry H. T. Simatupang memberikan pengetahuan tentang tips kesehatan bagi seluruh Persit agar tidak merasa panik apabila anak tiba – tiba mengalami demam.

Apabila anak-anak kita sepulang dari sekolah tiba – tiba mengalami deman tinggi, maka ibu-ibu jangan sekali kali anaknya dipakaikan selimut yang tebal, pakaikanlah anak dengan baju yang tipis agar panas yang ada ditubuhnya bisa keluar. Kebanyakan disini, ibu-ibu yang gugup/panik justeru memakaikan selimut yang tebal ataupun jaket, itu sebenarnya tidak boleh karena suhu panas badan menjadi terkurung sehingga tidak bisa keluar dan bisa mengakibatkan kejang pada anak kita.

Selanjutnya anak dikasih minum air putih secukupnya dan apabila ibu-ibu mengompres anaknya gunakanlah air biasa saja, jangan menggunakan air es, karena dengan menggunakan air es bisa mengakibatkan anak kita menjadi drop. Kebanyakan penyakit anak – anak itu dehidrasi dan akhirnya deman tinggi, karena anak – anak sekarang yang di utamakan adalah mainnya sehingga pola makan maupun minumnya kurang diperhatikan.

Untuk mengantisipasi kejadian anak-anak mengalami panas tinggi secara tiba-tiba, tidak ada salahnya ibu-ibu sediakan selalu di rumah masing-masing obat penurun panas seperti Sanmol ataupun Parasetamol yang cair sesuai dengan petunjuk yang ada di dalam tempat/kemasan obat tersebut. Apabila anak terjadi panas yang tidak segera ditangani maka anak tersebut akan kejang, pada saat sudah seperti ini (kejang) anak jangan dipeluk, jangan dipegang dan yang lain-lain, karena apabila dipeluk, dipegang ataupun yang lainnya dapat mengakibatkan patah tulang.

Baca juga :  Upacara Pembukaan Olahraga Dalam Rangka Hut Ke-68 Persit KCK Tahun 2014

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang gejala Diare, penyakit Diare bisa terjadi apabila anak buang air besar satu hari 3 kali atau lebih, kemudian kotorannya itu cair/encer. Untuk penanganan awal, berikan cairan oralit pengganti cairan yang keluar/hilang. Gunakan oralit tradisional ataupun buatan sendiri contohnya garam dicampur dengan air hangat kemudian diminumkan. Apabila tidak berkurang segera dibawa ke Puskesmas maupun Rumah Sakit terdekat.

Kegiatan pertemuan tersebut bertujuan untuk menjalin silahturahmi antar anggota Persit agar terjalin jalinan kekeluargaan yang lebih mendalam. Untuk itu apabila ada pertemuan Persit berikutnya dimohon seluruh anggota untuk kehadirannya dan pengetahuan-pengatahuan yang sudah dijelaskan tadi agar dimengerti dan untuk dilaksanakan.

“Saya sebagai Ketua Persit ingin memiliki keluarga besar yang sehat, bersih dan jauh dari penyakit. Oleh karena kita harus jaga kebersihan disekitar lingkungan kita agar tidak mudah terkena berbagai macam penyakit”, kata Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab. XX Kodim 1705/Paniai. (Prd/Cen)

 

Leave a Reply

*

Top