You are here
Home > Berita > Pertikaian di Tembagapura Terselamatkan !!!

Pertikaian di Tembagapura Terselamatkan !!!

Timika – Penyelesaian perseteruan akhirnya menunjukakan titik terang setelah kedua belah pihak melakukan kesepakatan perdamaian dengan melibatkan Koramil 1710-04/Tembagapura sebagai penengah kesepakatan perdamaian, bertempat di Tembagapura, Minggu (19/03).

Situasi di Tembagapura sempat terganggu dengan adanya pertikaian antara Kampung Banti dan Kampung Opitawak yang disebabkan adanya tindakan kriminalitas yang menimbulkan korban. Di tengah situasi yang tidak pasti, aksi provokasi dari pihak keluarga korban pun telah memperkeruh suasana.

Koramil 1710-04/Tembagapura sebagai Satuan Kewilayahan setempat langsung bertindak cepat dengan melakukan Komsos (komunikasi sosial) dengan beberapa tokoh masyarakat agar pertikaian tidak bertambah besar. Anggota Koramil 1710-04/Tembagapura dipimpin Pelda Yonasus Rumsano langsung melakukan komunikasi dengan seluruh pihak terkait termasuk masyarakat untuk segera melakukan perdamaian serta berusaha melokalisir lokasi pertikaian agar tidak membesar.

Upaya yang dilakukan berbuah hasil, akhirnya pada tanggal 17 Maret 2017 kedua pihak yang bertikai bersedia untuk berdamai. Kedua pihak yang bertikai diwakili Bapak Yohanes Kum dan Yohanes Jangkup sepakat mengakhiri pertikaian dan menyerahkan permasalahan kepada Kepolisian serta bersedia untuk tidak membawa senjata tajam selain itu kedua kampung juga sepakat untuk menjalin lagi hubungan baik karena keduanya masih dalam satu keluarga besar.

Baca juga :  Kodim 1707/Merauke Melaksanakan Kesegaran Jasmani (Semapta) Triwulan Pertama

Selain itu, hingga hari ini Koramil 1710-04/Tembagapura beserta instansi terkait masih mengawasi perkembangan situasi di wilayah Tembagapura, untuk mengantisipasi adanya tindakan-tindakan yang dapat menciderai kedua belah pihak setelah perdamaian berlangsung. Masyarakat mengharapkan agar situasi tetap aman dan damai seperti sediakala tercipta kedamaian dan terus terjaga untuk kemajuan pembangunan bagi kemajuan rakyat Papua di Tembagapura. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top