You are here
Home > Berita > Petani Napan Mulai Panen Kedelai

Petani Napan Mulai Panen Kedelai

Makimi – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1705-04/Napan Serka Suharjo melakasanakan pendampingan terhadap para petani dalam melaksanakan panen kedelai seluas 1,5 Ha milik Bapak Sariman di Kampung Biha Distrik Makimi, Kamis (16/03).

Perlu diketahui bahwa kedelai merupakan bahan pokok untuk membuat makanan sejenis tahu, tempe dan bisa dibuat juga susu kedelai. Dalam perawatannya tanaman kedelai  memiliki perlakuan khusus yaitu setiap 10 (sepuluh) hari diberikan pupuk dan pestisida agar bisa menjauhkan dari hama dan untuk mengendalikan kesuburan tanah. Setelah tanaman kedelai berumur 80 sampai 90 hari tanaman kedelai siap dipanen, selanjutnya dilakukan pengeringan dengan dijemur, setelah kering maka dilakukan perontokan untuk memisahkan biji kedelai dengan kulitnya (didos).

Bapak Sariman dan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Koramil Napan yang selama ini sudah mau membantu mulai dari awal tanam kedelai sampai sekarang saat panen selalu didampingi oleh Babinsa.

Baca juga :  Jalan Santai Dalam Rangka Peringati HUT Bhayangkara Ke-70 Tahun 2016

Harapan selanjutnya yaitu agar menyampaikan kepada PPL serta Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Nabire agar bisa menampung kedelai hasil panen kami sehingga harganya bisa stabil untuk mencukupi kebutuhan hidup dan menyiapkan bibit pada musim tanam ke depan. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top