You are here
Home > Pengetahuan > Militer > PIAP Gryf Sang Robot Mungil Penjinak Bahan Peledak

PIAP Gryf Sang Robot Mungil Penjinak Bahan Peledak

Salam Sahabat Ksatria kita berjumpa kembali dalam pembahasan seputar Alutsista TNI.

Sahabat Ksatria, Zeni merupakan salah satu Korp yang ada di dalam tubuh TNI AD yang mempunyai Fungsi salah satunya dalam tugas Penjinakan Bahan Peledak (Jihandak), dan salah satu alat khusus yang dipakai Jihandak dalam satuan zeni adalah Robot mungil yang disebut dengan Robot PIAP Gryf .

Satuan Jihandak Zeni TNI AD dalam mengoperasikan Robot dengan berpenggerak roda rantai mampu menyusuri lekuk medan terjal yang sulit ditembus wahana lain. Yang jadi keunggulan utama Piap Gryf terletak pada kombinasi penggerak hybrid, roda rantai dan roda ban yang aktif secara simultan untuk menjelajahi medan sulit. Seperti halnya peran robot dengan kemampuan Jihandak, sasis dan strukturnya sudah dilengkapi pengamanan yang maksimal, salah satunya dengan standar IP 65. Sebagian kelengkapannya, seperti speaker dan mikfrofon punya kemampuan waterproof. Dengan lengan teleskopik, Piap Gryf dapat mengangkat, menjepit dan menarik beban seberat 15 kg, dengan tambahan 5 kg lagi dengan penggunaan extended claw. Kemudian dengan dukungan imaging, ada moving kamera PTZ dengan 22x optical zoom. Kecanggihan kamera bertambah dengan asupan IR LED illuminators. Sudut kamera utama dapat berputar vertikal 350 derajat dan berputar 150 derajat horizontal. Indra robot juga dilengkapi dengan fixed camera serta sensor pendeteksi panas yang teritegrasi pada bagian depan dan belakang. Robot Piap Gryf beroperasi dengan kendali remote lewat transmisi frekuensi radio hingga jarak 800–900 m. Unit kendali dioperasikan operator dengan menggunakan seperangkat control panel seberat 12 kg, control panel dilengkapi layar 15 inchi yang mampu memonitor visual pergerakan robot secara real time. Control panel ditenagai dengan baterai dan dapat beroperasi 4–5 jam. Sedangkan wahana robot ditenagai dengan baterai dengan waktu operasi 2 jam. Secara umum, Robot Piap Gryf dapat bergerak dengan kecepatan normal 3,6 km per jam dan operation mode 0,9 km per jam.

Baca juga :  Sejarah Korp Perhubungan Angkatan Darat

Spesifikasi Piap Gryf

–  Dimensi : 69 x 59 x 45 cm (stowed position) dan 67 x 46 x 44 (without wheels)

–  Berat kosong: 38 kg

–  Transmisi : frekuensi radio

–  Jarak jangkau operasi : 800 – 900 meter

–  Tenaga : baterai LiFePo4 ; 33 V Battery capacity : 5 Ah

–  Kecepatan : 3,6 km/jam (normal)

–  Endurance operasi : 2 jam

–  Overcoming vertical obstacles : up to 30 cm

–  Climbing stairs : up to 30°

–  Climbing slopes up to 45°a

–  Acceptable lateral tilt : up to 35°

–  Clearance : with wheels 7 cm without wheels 6 cm

Alat ini merupakan alat dalam operasi penjinakan bahan peledak satuan Zeni TNI AD yang mana sangat berguna bagi TNI dalam melakukan penjinakan dan evakuasi bahan peledak. Semoga dengan kelengkapan alutsista TNI ini akan semakin memperkuat pertahanan TNI dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. Salam Ksatria.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top