You are here
Home > Tulisan > Umum > Pisang Merah spesies Musa Acuminata

Pisang Merah spesies Musa Acuminata

Mungkin ada yang pernah tahu dan melihat pisang merah di Indonesia? Bila kita melihat di dunia maya banyak yang mengatakan bahwa pisang merah ini asli dari Indonesia. Memang pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan menjadi salah satu tanaman primadona di Indonesia. Selain rasanya yang super enak, pisang juga tinggi akan nutrisi seperti vitamin C dan beta karoten.

Coba kita lihat lagi, hampir diseluruh pelosok daerah Indonesia terdapat berbagai macem jenis pisang. Seperti pisang ambon, pisang raja, pisang susu dan masih banyak lagi. Tetapi pernahkah Anda mendengar yang namanya pisang merah ini atau bahkan Anda sudah pernah memakannya?.

Pisang yang satu ini bisa dibilang cukup langka, hanya terdapat dibeberapa daerah di Indonesia yang pada umumnya hidup di Hutan yang subur. Pisang berwarna merah ini tak hanya memiliki rasa yang manis dan lembut seperti raspberry, tetapi juga mempunyai kandungan nutrisi jauh lebih tinggi dari pisang kuning pada umumnya.

Selain memiliki nutrisi yang tinggi akan vitamin C, pisang merah tersebut juga memiliki vitamin yang disebut Beta Karoten. Pasti Anda jarang mendengar yang namanya vitamin ini. Perlu untuk diketahui, Beta Karoten bermanfaat dalam mencegah arteri dan melindungi tubuh dari munculnya penyakit jantung dan kanker. Pada saat masuk kedalam tubuh, Beta Karoten ini langsung dapat diubah menjadi vitamin A, yang bermanfaat bagi kesehatan mata, kulit dan sistem kekebalan tubuh.

Pisang merah memiliki nutrisi yang jauh lebih tinggi daripada pisang berwarna kunig pada umumnya. Pisang merah telah diketahui mengandung Beta Karoten dan vitamin C yang tinggi. Bahkan pisang merah ini tinggi akan serat dan bisa memenuhi sekitar 16% kebutuhan harian serat dalam tubuh.

Baca juga :  Mempesona, Bermanfaat, Bermakna, Itulah “TERATAI”

Pisang merah adalah salah satu dari Genus Musa (pisang-pisangan), berserat tinggi, rendah kalori, baik untuk diet, mencegah penyakit jantung dan diabetes. Namun sayangnya cukup sulit ditemukan di Indonesia, padahal penghasil pisang ini berasal dari Benua Asia dan Amerika Selatan. Bagi orang Sri Lanka, pisang merah adalah pisang termahal dan terlezat. Jenis pohon pisang yang buahnya berwarna kemerahan ini setidaknya ada dalam 11 spesies. Namun pisang merah yang paling familiar adalah spesies Musa Acuminata (AAA Group) ‘Red Dacca’.

Penasaran dengan manfaat dan khasiat yang terdapat dari pisang merah ini, ada beberapa manfaat dan khasiatnya yang harus kita ketahui yaitu : membuat energi dalam tubuh cepat bertambah, dapat mengurangi berat badan cocok bagi yang diet, mencegah pembentukan batu ginjal, meningkatkan jumlah hemoglobin dalam tubuh dan meredahkan naiknya asam lambung.

Itu dia sekilas tentang manfaat dari pisang merah. Memang sih pisang merah ini belum terlalu umum di Indonesia. Tapi tak ada salahnya jika kita mencipipi buah pisang ini. Apalagi dijadikan sebagai makanan sehari-hari, tentu itu sanglah bagus untuk kesehatan tubuh kita. (Rhz)

Leave a Reply

*

Top