You are here
Home > Tulisan > Alat Utama Sistem Senjata > PM3, Jenis Senapan Tempur Jarak Dekat

PM3, Jenis Senapan Tempur Jarak Dekat

Salam Ksatria…

Dalam sebuah Pertempuran Jarak Dekat (PJD) sangat dibutuhkan senapan yang fleksibel, bisa digunakan untuk mendukung pergerakan yang cepat serta memiliki ketepatan dan keakuratan bidikan ke sasaran. Melihat hal tersebut PT Pindad selaku perusaan Nasional dalam keinginannya untuk memenuhi seluruh kebutuhan senjata dalam negeri maka diciptakanlah sebuah inovasi baru senapan serbu untuk Pertempuran Jarak Dekat dengan nama Sub Machine Gun PM3.

Sub Machine Gun PM3 didesain dengan sistem penembakan gas operated dengan amunisi 9 mm, senjata ini lahir untuk mendukung performa prajurit dalam operasi tempur jarak dekat, seperti pembebasan sandera atau perang kota.

PM-3 hampir mirip dengan pendahulunya PM-2, mulai dari desain popor lipat dan gagang masih terasa ‘ruh’ dari keluarga senapan serbu. Mungkin ini menjadi ciri yang sengaja disisipkan Pindad sebagai identitas dari produknya. Meski begitu, ada pembeda yang cukup kentara antara PM2 dan PM3 yaitu pada desain alat bidik, receiver dan magasin.

Selain itu Pindad juga memasang picatinny rail memanjang mulai dari pangkal receiver sampai ujung laras, tentu ini membawa keuntungan tersendiri bagi penembak untuk mengatur dudukan optical sight yang sesuai dan ergonomis. Guna mengikuti kebutuhan pada CQB (Close Quarter Battle), pada bawah laras dapat dipasang pegangan untuk tangan kiri.

PM-3 juga dirancang untuk digunakan oleh pasukan khusus, ini terbukti dengan tersedianya alat (optional) berupa peredam pada laras (silencer). Peredam ini digunakan untuk meredam suara tembakan atau kilatan yang di timbulkan pada senapan dan juga berfungsi menyerap suara yang keluar dari laras pada impact tembakan yang di timbulkan.

Baca juga :  Senapan Ampuh Buatan Dalam Negeri

Lebih detail tentang sosok SMG PM-3, dapat dilihat pada uraian dibawah ini:

–       Kaliber : 9 x 19 mm

–       Panjang rentang : 720 mm

–       Panjang popor dilipat : 494 mm

–       Berat tanpa magasin : 3,15 kg

–       Panjang laras : 210 mm

–       Alat bidik : adjustable

–       Sistem kerja : gas operated

–       Mode penembakkan : aman/satu-satu/otomatis penuh

–       Kapasitas magasin : 30 peluru

–       Kecepatan proyektil : 380 meter/detik

–       Kecepatan tembak : 750 – 850 peluru/menit

–       Jarak tembak efektif : 75 meter

 

Demikian para sahabat, sedikit ulasan kita mengenai produk senapan serbu baru buatan dalam negeri PM3. Semoga senapan Sub Machine Gun PM3 ini akan semakin memperkuat TNI dan menambah kepercayaan diri para prajurit dalam melaksanakan tugasnya untuk bersama-sama berjuang dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Salam Semangat… Ksatria Pelindung Rakyat.

Leave a Reply

*

Top