You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Ponco Multifungsi

Ponco Multifungsi

Ponco dikenal sebagai salah satu alat perlengkapan TNI. Ponco adalah jas hujan TNI yang multi fungsi saat digunakan di lapangan. Pada kesempatan ini penulis ingin mengupas sedikit kegunaan lain dari ponco TNI.

Tenda Perorangan.

Disaat pasukan melakukan aktifitas diluar ruangan dimana lokasi tidak mendukung untuk mendirikan tenda besar atau tenda ruangan, masing-masing anggota pasukan membuat tenda perorangan atau yang biasa disebut berbivak (Bivouac). Tenda perorangan adalah tenda yang dibuat khusus untuk kebutuhan 1 orang personel saja. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain:

  1. Ponco 1 unit;
  2. Kayu pasak 6 buah;
  3. Kayu diameter 150cm 2 buah;
  4. Kayu diameter 250cm 1 buah; dan
  5. Tali pengikat secukupnya.
Bentuk tenda bivak dari ponco
Bentuk tenda bivak dari ponco
Bentuk lain dari tenda bivak
Bentuk lain dari tenda bivak

Renang Ponco.

Kegiatan renang ponco adalah suatu kegiatan perpindahan pasukan yang menyebrangi atau melalui medan air dengan cara berenang dengan membawa alat perlengkapan menggunakan ponco. Tidak semua medan yang dilalui saat pergerakan pasukan merupakan suatu medan datar atau gunung. Bisa saja saat proses perpindahan pasukan melalui suatu sungai atau danau yang apabila dengan cara mengitari danau tersebut diperlukan waktu yang lama maka diputuskan untuk melaluinya dengan cara renang ponco. Renang ponco dilakukan dengan cara membungkus perlengkapan dengan ponco dan menggunakannya sebagai alat pelampung. Perlengkapan tambahan yang digunaan untuk membungkus ponco diantaranya:

  1. Tali pengikat secukupnya;
  2. Kantong plastik besar; dan
  3. Jerami/daun kering (disesuaikan medan yang ada).
Baca juga :  Kenali Narkoba Jenis Baru “Tembakau Gorilla..!!”

Di dalam ponco yang dibuat sebagai pelampung berisi perlengkapan personel, diantaranya helm, senjata, rangsel yang kemudian dijadikan satu dan dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk seperti gambar di bawah ini:

Ponco berisi perlengkapan prajurit TNI
Ponco berisi perlengkapan prajurit TNI

Cara meletakkan perlengkapan helm dan senjata menjadi pelampung ponco

Prajurit TNI yang sedang melaksanakan renang ponco
Prajurit TNI yang sedang melaksanakan renang ponco

Setelah menjadi pelampung kemudian pelampung ponco tersebut dibawa bersama personel dengan cara berenang. Gaya renang yang cocok untuk membawa pelampung ponco ini adalah  gaya katak karena gaya ini dapat dilakukan dengan tanpa gerakan tangan. Dengan kekuatan gerakan kaki, personel yang melakukan penyebrangan dengan renang ponco dapat melintasi suatu sungai atau danau dengan mudah.

Semoga pengetahuan ini bisa bermanfaat bagi para sahabat Ksatria Pelindung Rakyat yang sering mengikuti artikel-artikel kami, sehingga pada saatnya nanti dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Hal ini merupakan rintangan bagi seorang prajurit untuk bisa melintasi sungai maupun dalam keadaan darurat untuk bisa mendirikan tenda dengan menggunakan ponco.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top