You are here
Home > Sisi Lain > Persit KCK > Posyandu Mimosa Bagikan Vaksin Filariasis Atasi Kaki Gajah

Posyandu Mimosa Bagikan Vaksin Filariasis Atasi Kaki Gajah

Abepura – Posyandu Mimosa Korem 172/PWY bekerjasama dengan Puskesmas Waena membagikan vaksin Filariasis kepada masyarakat Bucend III Waena yang berusia 2 s.d 70 tahun untuk mencegah berkembangnya penyakit kaki gajah, Selasa (06/09).

Obat yang digunakan adalah Diethyl Carbamazine Citrate (DEC) dikombinasikan dengan Albendazole. POMP filariasis ini diikuti seluruh penduduk di daerah endemis yang berusia dua tahun ke atas. “Obat pencegahan Filariasis ini cukup diminum sekali dalam setahun, namun harus dilakukan selama minimal lima tahun berturut-turut”, ujar Ibu Ambar salah satu petugas Puskesmas Waena.

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis) merupakan golongan penyakit menular yang mengenai saluran dan kelenjar limfe, dan disebabkan cacing filaria yang ditularkan melalui nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin, baik pada perempuan maupun laki-laki. “Nah, saat ini kami juga sekaligus mensosialisasikan tentang penyakit tersebut kepada warga, karna masih banyak warga yang sama sekali belum mengetahui apa sebenarnya penyakit kaki gajah tersebut”, katanya.

Program dari Kementerian Kesehatan RI ini dalam upaya pencegahan penularan penyakit kaki gajah yang bisa tertular hanya dengan gigitan nyamuk. Seseorang bisa tertular ketika nyamuk mengigit penderita kaki gajah dan kemudian nyamuk tersebut mengigit orang sehat lainya.

Baca juga :  Siswa TK Kartika VI-15 Korem 173/PVB Ikuti Karya Wisata TK Se- Kabupaten Biak Numfor Tahun 2015

Sementara itu, Ny. Heri sebagai pengurus Persit KCK Koorcabrem 172 menyampaikan bahwa pengobatan ini kita anggap sangat penting, karena penyakit kaki gajah ini kalau sudah terjangkit penderita akan sangat sulit beraktifitas, akibatnya ekonomi akan mengalami penurunan.

“Ini juga penting bagi warga agar selalu menjaga kebersihan tempat tinggal mereka mengingat penularannya dapat melalui semua jenis nyamuk bukan pada jenis nyamuk tertentu seperti demam berdarah. Sehingga diharapkan para warga berbondong-bondong datang ke puskesmas terdekat dan melaksanakan vaksin yang hanya sekali setahun ini dan gratis”, ujarnya. (Prd/Cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top