You are here
Home > Profil Kodam XVII/Cenderawasih

Pengabdian Kodam XVII/Cenderawasih di tanah Papua telah lebih dari 45 tahun, dan semakin dicintai rakyat. Dengan sesanti pataka Kodam “Ksatria Pelindung Rakyat” memang mengandung makna : Prajurit Kodam XVII/Cenderawasih adalah Ksatria yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, membela kejujuran, kebenaran dan keadilan dalam upaya melindungi seluruh rakyat di Wilayah Kodam XVII/Cenderawasih penjabaran sesanti di atas, bermakna bahwa :

  • Jika kita melindungi rakyat, maka rakyat akan melindungi kita.
  • Jika kita membantu rakyat, maka rakyat akan membantu kita.
  • Jika kita mencintai rakyat, maka rakyat akan mencintai kita.

Kodam XVII/Cenderawasih sebagai Komando Utama Pembinaan dan Operasional yang bersifat kewilayahan, merupakan Kompartemen Strategis Matra Darat. Sebagai Kotama Pembinaan TNI AD berkedudukan langsung di bawah Kasad, sebagai Kotama Operasional TNI berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai Penyelenggara Tugas dan Fungsi (PTF) Dephan di Papua berkedudukan langsung di bawah Menteri Pertahanan.

Sebagai Kotama Pembinaan TNI AD, Kodam XVII/Cenderawasih memiliki tugas pokok melakukan pembinaan kekuatan satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yang dilaksanakan dengan :

  1. Menyiapkan, memelihara dan memantapkan kemampuan operasi-onal yang profesional dengan cara meningkatkan kemampuan satuan, menata organisasi dan mengem-bangkan gelar satuan untuk menangkal segala bentuk ancaman.
  2. Melanjutkan reformasi internal dalam tubuh Kodam XVII/Cendera-wasih yang meliputi aspek struktural, kultural dan hukum dalam upaya membangun jati diri Kodam XVII/ Cenderawasih.
  3. Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan latihan yaitu Rindam XVII/Cenderawasih dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit.
  4. Membantu pelaksanaan fungsi Pemerintah Daerah dalam kondisi dan situasi yang memerlukan sarana, alat dan kemampuan Kodam XVII/Cenderawasih untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi.
  5. Memperbaiki citra TNI secara sungguh-sungguh dengan membenahi penampilan institusi dan prajurit TNI Kodam XVII/Cenderawasih agar senantiasa taat asas dalam melaksnakan peran dan tugas TNI selaku komponen utama pertahanan.
Top