You are here
Home > Berita > Pengumuman > Puasa Lancar, Olahraga Tetap Jalan…

Puasa Lancar, Olahraga Tetap Jalan…

Selamat Siang Sahabat Ksatria Kodam XVII/Cenderawasih, selamat menjalankan ibadah puasa bagi sahabat sekalian yang beragama islam tentunya. Nah bagi sahabat yang tentunya sedang menunaikan ibadah puasa, pasti anda sangat malas untuk melakukan olahraga, iya kan ?

Sangat wajar jika anda merasa malas berolahraga saat berpuasa, karena tubuh pasti terasa lebih lemas dan lesu dari biasannya. Hal ini tentu karena asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh berkurang. Puasa di bulan Ramadhan adalah menahan lapar dan haus selama sehari penuh, sehingga memungkinkan anda merasa lelah di siang hari.

Namun apakah hal tersebut yang menjadikan anda bermalas-malasan di rumah? Jangan seperti itu, meskipun sedang berpuasa, anda haruslah beraktifitas fisik dan berolahraga. Beberapa penelitian bahkan menyatakan bahwa tidak melakukan olahraga selama sebulan penuh, bisa menurunkan kekuatan otot dan dapat membuat seseorang tidak bugar.

Perlu Sahabat ketahui bahwa olah raga sudah menjadi kebutuhan hidup seperti halnya makan dan minum. Oleh karena itu, anda tetap dianjurkan bahkan harus berolahraga mekipun sedang berpuasa. Namun, anda harus memperhatikan jenis dan waktu olahraga saat puasa, karena ini akan mempengaruhi ketahanan tubuh.

Banyak olahraga yang bisa anda lakukan ketika puasa, namun jelas harus menghindari olahraga berat (intensitas tinggi), sebab hal itu akan membuat tubuh kehilangan banyak energi dalam waktu yang cepat. Contoh olahraga yang bisa anda lakukan pada saat berpuasa seperti :

  • Berjalan Santai
  • Yoga
  • Bersepeda
  • Senam
  • Dan olahraga ringan lainnya
Baca juga :  Babinsa Berikan Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI

Sedangkan contoh olah raga yang sebaiknya dihindari saat berpuasa seperti :

  • Berenang
  • Tenis
  • Sepak Bola
  • Badminton
  • Basket
  • Dan olahraga berat lainnya.

Perlu sahabat sekalian ketahui, sebenarnya sahabat masih bisa melakukan olahraga berat, namun alangkah baiknya dilakukan ketika anda sudah berbuka puasa dan tubuh memiliki cukup asupan/bekal untuk menghasilkan energi. Hal ini, kecuali tentunya bila sahabat memang termasuk yang berfisik kuat, sehingga tidak masalah sekalipun sahabat tetap berolahraga berat dalam keadaan berpuasa. Intinya, olahraga diusahakan tetap jalan, namun puasa juga jangan sampai bocor, he…

Selanjutnya, adapun untuk waktu yang tepat dalam melakukan olahraga saat berpuasa ialah saat pagi hari dan sore hari. Namun, hal ini kembali lagi pada kebutuhan serta jadwal kegiatan, kondisi serta kekuatan fisik masing-masing.

Demikanlah sahabat, beberapa informasi tentang olahraga yang dapat dilakukan saat sedang berpuasa dan berbagai tipsnya. Semoga bermanfaat ya… (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top