You are here
Home > Pengetahuan > Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan

Hampir semua orang sudah pernah dan sering mengalami rasa sakit di tenggorokan, hal itu menandakan orang tersebut mengalami sakit pada saluran pernafasan, termasuk radang tenggorokan. Kemungkinan besar bagi beberapa orang yang mengalami rasa sakit ini sudah menjadi langganan, namun semua itu masih bisa kita atasi. Untuk itu agar terhindar dari penyakit yang menjengkelkan ini, mulailah dari diri sendiri untuk menjalani hidup sehat.

Berikut ini kami sajikan beberapa informasi tentang obat – obat tradisional yang dinilai mampu dan ampuh untuk mengatasi sakit pada tenggorokan.

Sebetulnya, penyebab radang tenggorokan sendiri dikarenakan adanya Bakteri Streptococcus Pyogenes atau dikenal juga sebagai kelompok streptokokus A, bakteri jenis ini dapat menular dan sangat cepat karena menular melalui udara, contoh saat si penderita sedang bersin atau batuk. Virus tersebut akan tersebar melalui udara, untuk itu apabila anda sedang sakit agar selalu menyediakan tisu atau sapu tangan agar orang di sekelilingnya anda tidak terganggu.

Gejala yang sering dialami ketika orang sedang sakit radang antara lain:

  1. Tenggorokan terasa sakit
  2. Saat menelan terasa sakit bahkan ketika menelan air liur
  3. Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  4. Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  5. Demam tinggi
  6. Terasa nyeri pada sendi
  7. Perut terasa sakit, biasanya disertai dengan muntah
  8. Terdapat benjolan di leher

Gejala di atas merupakan gejala umum yang sering terjadi, dan untuk meyakinkan sakit apa yang anda rasakan kami menyarankan untuk periksa ke dokter agar lebih pastinya karena tidak semua sakit yang dirasakan demikian adalah radang.

Untuk penanganan pertama akan kami berikan beberapa obat tradisional yang dipercaya mempan untuk mengatasi sakit radang. Diantaranya adalah:

1.       Teh Jahe

Cara penyajiannya cari satu batang jahe, bersihkan dan kupas atau hilangkan tanah – tanah yang menempel pada bagian luar jahe, setelah bersih tumbuk jahe. Kemudian rebus selama 2 menit dan campurkan dengan teh yang anda buat.

2.       Berkumur Dengan Campuran Air, Kunyit, dan Garam

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi radang ditambah dengan bahan yang diperlukan selalu ada di dapur anda. Caranya mudah hanya dengan satu sendok teh garam dan sejumput kunyit yang dicampur dalam air hangat ±200 ml silahkan anda berkumur 3 kali kali dalam sehari.

Baca juga :  Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

3.       Daun Kemangi

Cara ini cukup mudah hanya dengan air kemangi yang telah di bersihkan direbus kemudian bisa diminum atau cukup berkumur dengan air rebusan tersebut.

4.       Madu dan Lemon

Cukup minum campuran 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan lemon yang sudah diperas kedalam air hangat, kalau sedang tidak ada lemon cukup dengan 1 sendok makan madu tanpa air hangat, tetapi kami sarankan jangan berikan madu kepada anak di bawah umur 2 tahun.

5.      Menghirup Uap Panas

Cara berikut cukup mudah karena hanya dengan menaruh Air Panas di panci kemudian letakkan di depan anda taruh handuk di kepala agar uap tidak  menyebar, hirup dengan hidung dan sesekali dengan mulut.

6.       Konsumsi Sup

Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan untuk  itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Bukan hanya meringankan rasa sakit tapi anda juga akan mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

7.       Minum Jus Lemon Tanpa Gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat, tetapi jangan tambah gula cukup minum 2-3 x 1 hari sebelum makan (sekitar 20-30 menit).

8.       Makan Bawang Putih

Karena bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang bertugas sebagai pembunuh bakteri, untuk itu segera ambil bawang kemudian kunyah untuk mendapat senyawa allicin tersebut.

9.       Jus Belimbing

Buah Belimbing ternyata memiliki senyawa anti radang yang cocok juga untuk radang tenggorokan. Tinggal anda siapkan 100 gram belimbing manis kemudian jadikan jus dan minum.

Demikian yang bisa saya berikan cara untuk mengatasi sakit radang pada tenggorokan. Satu pesan dari saya agar cepat sembuh istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak dan hindari rokok. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh, Aamiin.(AEBS)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top