You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > Ranpur Pandur II 8 × 8 STEYR

Ranpur Pandur II 8 × 8 STEYR

Salam Sahabat Ksatria,

 Selamat berjumpa kembali dengan kami, masih dalam rubrik Alat Utama Sistem Senjata Angkatan Darat. Kali ini kita akan membahas tentang Spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki kendaraan Tempur (Ranpur) Jenis Pandur II 8×8 STEYR yang direncanakan akan memperkuat pertahanan Negara Republik indonesia sebagai wujud dari program modernisasi Alutsista yang menjadi prioritas selama ini.

Untuk jelasnya, kita akan mengulas tentang seputar Panser Pandur II 8×8 yang merupakan versi modern dari kendaraan lapis baja Seri I, yang digunakan oleh sebagin besar  negara-negara di dunia.

Panser Pandur merupakan jenis Kendaraan lapis baja yang terdiri dari dua model, antara lain 6 x 6 dan 8 x 8. Untuk perlindunganya menggunakan sistem modular, dengan penguatan di bagian bawah, yang memberikan jaminan perlindungan tingkat tinggi akan adanya rintangan ranjau.

Jaminan perlindungan menggunakan lapisan baja dilengkapi dengan mesin diesel 6 silinder 355/405 HP, dengan gearbox tranmisi otomatis 6-percepatan. Untuk suspensinya sendiri merupakan independen baru, dengan sistem four-wheel drive untuk roda bagian depan dengan kedudukan sopir ditempatkan di depan kiri dan komandan ditempatkan di belakang.

Baca juga :  SELAMAT HUT KAVALERI TNI AD SANG MONSTER TEMPUR INDONESIA

Selain itu juga Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem kontrol elektronik baru untuk undercarriage (kemampuan angkut personil) yang disesuaikan dengan konfigurasi medan yang dilalui.

Spesifikasi Pandur II dengan kubah Steyr :

 Persenjataan : senapan mesin 7,62 mm

  • Negara Pengguna : Austria dan Republik Ceko
  • Kemmpuan angkut : 12 prajurit + 2 awak
  • Aksesoris : Sistem pendingin udara, perlindungan NBC, winch penarik dan sistem proteksi kebakaran
  • Perisai : Melindungi terhadap senjata kecil, dengan kaliber maksimum 7.62 mm
  • Bobot Maksimum : 34.000 kg dalam pertempuran
  • Kecepatan Maksimum : 100 km/ jam
  • Kecepatan Berenang : 10 km/ jam
  • Jangkauan : 500 km

Leave a Reply

*

Top