You are here
Home > Berita > Rapat Evaluasi Cetak Sawah TA 2016 Kodim 1705/Paniai

Rapat Evaluasi Cetak Sawah TA 2016 Kodim 1705/Paniai

Nabire Bertempat di ruang aula data Kodim 1705/Paniai, Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jerry Harapan Tua Simatupang memimpin Rapat Evaluasi Cetak Sawah TA 2016 pada hari rabu (26/4).

Kegiatan rapat ini dilaksanakan tentu sebagai diskusi evaluasi terhadap program cetak sawah yang sudah dilaksanakan di tahun 2016 kemarin. Dengan evaluasi tersebut, hasilnya akan dijadikan sebagai bahan masukan agar pelaksanaan di tahun 2017 ini mampu untuk jauh lebih baik.

Dalam kesempatan tersebut, dalam sambutannya cukup banyak yang disampaikan oleh bapak Dandim. Salah satunya, yang terpenting adalah yang terkait dengan perannya sebagai pimpinan TNI-AD di wilayahnya. Beliau menyampaikan bahwa Kodim adalah potensi yang besar bagi tercapainya kesusksesan program cetak sawah, yang harus dimanfaatkan secara baik-baiknya. Lebih lanjut, beliau juga sampaikan agar para Babinsa di lapangan mampu lebih mengoptimalkan lagi perannya dalam membantu kesulitan para petani.

“Sebagai satuan teritorial, Kodim 1705/Paniai merupakan komponen yang sangat efektif untuk digunakan. Para babinsa, diharapkan agar mampu lebih mengoptimalkan kembali perannya di sisi para petani, sehingga mampu memberikan solusi bagi setiap kesulitan yang mereka hadapi”. Ujar Dandim.

Selanjutnya, adapun sambutan dari Plt. Kepala Dinas Pertanian ibu Purwati, beliau menyampaikan evaluasinya terkait kekurangan yang harus diperbaiki. Dalam penyampaiannya tersebut, beliaupun merincinya satu-persatu.

“Semua permasalahan cetak sawah pada tahun 2016 sangatlah kompleks, diantaranya draenase belum maksimal, pupuk, bibit dan obat hama selalu terlambat, simpukan kayu yang masih menggunung, sawah tidak rata, belum maksimalnya saluran irigasi dan tanaman yang masih terserang hama.” Ucap Ibu Purwati.

Setelah menyampaikan evaluasinya, selanjutnya ibu Purwati menjelaskan terkait perencanaan program cetak sawah selanjutnya di tahun 2017 ini. Beliau menyampaikan bahwa pada tahun 2017 ini direncanakan akan ada enam sasaran, diantaranya Desa Wami dengan luas 60 Ha, Desa Jaya mukti dengan luas 80 Ha, Desa Wanggar Sari dengan luas 80 Ha, Desa Maidey dengan luas 198 Ha, Desa Waroki dengan luas 25 Ha, dan Desa Wiraska dengan luas 57 Ha.

Baca juga :  Kunjungan Rombongan Kemhan ke Yonif 756/WMS

Dengan uraian tersebut, total luas cetak sawah adalah 500 Ha, yang mana dengannya beliau menyampaikan harapannya agar semua berjalan dengan lancar, serta mampu meminimalisir setiap kendala yang mungkin dihadapi dengan adanya rapat tersebut.

“Diharapkan cetak sawah di tahun 2017 ini dengan luas 500 Ha dengan 6 sasaran, berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana walaupun nanti pasti akan menemukan kendala. (Namun) Dengan rapat ini, kita bisa meminimalisir semua kendala di lapangan.” Ujarnya.

Drmikianlah kegiatan rapat evaluasi tersebut dilaksanakan. Pelaksanaannya berjalan dengan tertib dan lancar hingga selesai.

Selain Dandim dan Plt Kepala Dinas Pertanian Ir. Purwati, turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Plh. Kasdim 1705/Paniai Mayor Kav. Syahrul Hidayat, Pasiter Kodim 1705/Paniai Kapten Ing Eko, para Danramil jajaran Kodim 1705/Paniai, Kabid Psp Abu Bakar, Sekretaris Dinas pertanian, dan juga para babinsa. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top