You are here
Home > Berita > Reaksi Cepat Babinsa, Atasi Kebakaran Di Pelabuhan Serui

Reaksi Cepat Babinsa, Atasi Kebakaran Di Pelabuhan Serui

Yapen – Kesigapan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1709-01/Yapen Selatan dalam menanggulangi kebakaran yang berlokasi disekitar area Pelabuhan Serui yang terjadi pada hari Minggu (18/09) pukul 14.10 WIT. Diperkirakan kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik dari salah satu gudang material kemudian sumber api menjalar sampai ke terminal ruang tunggu Pelabuhan Serui.

Praka Dedy Eka merupakan anggota Babinsa Koramil 1709-01/Yapen Selatan, pada saat itu sedang melaksanakan tugas sebagai pusat informasi dan keterangan (piket) di Koramil yang letaknya tak jauh dari pelabuhan. Melihat adanya kobaran asap dan disertai masyarakat yang berlarian menyelamatkan diri, membuat Praka Dedy dengan sigap menuju ke tempat kejadian untuk memantau kejadian serta mengambil tindakan untuk langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran sebagai upaya pencegahan kebakaran agar tidak berdampak lebih luas. Pencegahan awal yang bersangkutan bersama dengan masyarakat yang ada dilokasi kejadian bergotong-royong memadamkan api dengan menggunakan fasilitas seadanya.

Banyak hambatan yang terjadi pada saat pemadaman api antara lain faktor angin yang pada saat itu bertiup kencang dan keterbatasan alat pemadam kebakaran serta pasokan air yang kurang sehingga api berhasil dijinakkan sekitar pukul 17.00 WIT. Akibat dari bencana kebakaran yang menghanguskan gudang material yang merembet sampai ke terminal ruang tunggu tersebut diperkirakan kerugian materil mencapai hingga ratusan juta rupiah.

Baca juga :  Ketua Persit Kartika Candra Kirana PD XVII/Cenderawasih Kunjungi Yayasan Yakpesmi Wamena

Begitu beratnya tugas yang diemban sebagai seorang Babinsa yang harus selalu siap siaga kapanpun dibutuhkan. Ini merupakan implementasi nyata salah satu tugas pokok seorang Babinsa yang selalu memiliki naluri temu cepat dan lapor cepat, dan hal ini telah dilakukan oleh Praka Dedy Eka. Tindakan ini merupakan salah satu contoh positif anggota TNI Angkatan Darat khususnya Babinsa Koramil 1709-01/Yapen Selatan, dalam membantu dan mengatasi kesulitan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. (Prd/Cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top