You are here
Home > Tulisan > Rohani > Renungan Jum’at

Renungan Jum’at

Suatu cerita, ada kebudayaan di daerah nun jauh disana dimana monyet menjadi hama dan mengganggu kehidupan masyarakat. Monyet-monyet ini selalu mendahului untuk memanen hasil pertanian. Sehingga para petani geram dan memutuskan untuk menangkap monyet-monyet pengganggu tersebut.

Warga didaerah tersebut memiliki cara unik untuk menangkap para monyet. Mereka membenamkan botol yang diisi kacang ke dalam tanah. Botol dibenamkan sebatas leher botol sehingga masih terlihat leher botol tersebut keluar dari tanah. Botol-botol dibenamkan disekitar lahan pertanian dan daerah yang kemungkinan besar dilewati oleh monyet-monyet.

Cara kerja jebakan botol itu ialah ketika monyet memasukkan tangannya ke dalam botol dan mengambil kacang yang berada di dalam botol tersebut maka monyet tidak dapat lagi menarik keluar tangannya. Monyet-monyet tersebut akan bertahan memperjuangkan kacang yang berada ditangannya sekuat tenaga untuk dapat dikeluarkan. Degan cara apapun tangan monyet yang tetap memegang erat kacang tersebut tidak akan melewati leher botol.

Para petani dengan mudah menangkap monyet-monyet yang tangannya masih terjebak oleh leher botol. Tanpa ada busur panah, racun ataupun tenaga yang terpakai pun cukup sedikit untuk menangkap monyet hama tersebut.

Dari jebakan monyet tersebut mari kita renungi falsafahnya. Orang yang bertahan dengan sesuatu yang tidak mungkin ia lakukan dan terus memaksakan kehendak pribadinya tanpa merubah sikap perilaku. Maka ia akan berbuat sia-sia dan habis karena waktu dan berakhirlah riwayatnya.

Baca juga :  Hidup Berjalan Dengan Tuhan Yesus Kristus

Orang–orang yang memiliki kenangan masa lalu dan susah untuk meninggalkan kenangan tersebut maka hidupnya pun akan percuma. Semua yang terjadi pasti ada hikmah yang dapat diambil dan pasti ada tujuannya. Marilah kita belajar berani merubah pikiran dan tidak memaksakan keinginan atau kenangan masa lalu. Karena apabila kita sudah berjuang sekuat tenaga dan mencurahkan akal pikiran namun hal yang kita perjuangkan tidak dapat tercapai maka itu mungkin sudah petunjuk-Nya agar kita dapat yang lebih baik dari sebelumnya.(hro/cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top