You are here
Home > Pengetahuan > Referensi > Resensi Buku

Resensi Buku

Judul Buku                : Kepemimpinan Pendidikan : Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos

Pengarang                : Sudarwan Danim

Penerbit                    : CV. Alfabeta Bandung

Tahun Terbit              : 2010

Jumlah Halaman        : 230 Halaman

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Sudarwan Danim ini menguraikan seputar tentang kepemimpinan mulai dari gaya kepemimpinan, kepemimpinan efektif, dan motivasional. Dalam bukunya, penulis melakukan pembahasan secara komparatif dan hanya mengeksplore teori-teori kepemimpinan serta dijelaskan secara detail.

Buku ini terdiri dari dua belas bagian, yaitu :

  1. Bagian pertama tentang “Tipologi dan sejarah studi kepemimpinan” yang mana penulis menjelaskan mengenai awal mula kepemimpinan atau babak sejarah kepemimpinan yang dimulai dari pemimpin versus pengikut sampai dengan studi kepemimpinan modern yang dilakukan oleh para ahli.
  2. Bagian kedua tentang “Teori kepemimpinan dan karakter pemimpin efektif”. Pada bagian ini penulis menjelaskan definisi kepemimpinan menurut para ahli dimana dalam setiap definisi yang dikemukakan oleh oleh para ahli itu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lain. Penulis mendefinisikan kepemimpinan adalah setiap tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok  untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok lain yang tergabung dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
  3. Bagian ketiga tentang “Kualitas pemimpin dan pendidikan kepemimpinan” yang dijelaskan penulis bahwa pemimpin harus berkualitas agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kualitas seorang pemimpin terletak pada kepribadiannya yang mana pemimpin harus mempunyai pribadi yang luhur agar dapat mempimpin dengan baik dan dapat mengambil kebijakan dengan tepat.
  4. Bagian keempat tentang “Menjadi pemimpin yang jenius”. Pemimpin ketika mengambil keputusan pasti manggunakan IQ dan EQ-nya. Seorang pemimpin haruslah mempunyai inteligensi yang merupakan kecakapan yang terdiri dari 3 jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan ke dalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui atau menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui relasi dan mempelajarinya dengan cepat. Jika hal tersebut telah dimiliki oleh seorang pemimpin maka akan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
  5. Bagian kelima tentang “Performa pemimpin dan kualitas kehidupan kerja”. Disini penulis menjelaskan tentang performance kepemimpinan yang sering diartikan sebagai penampilan atau perilaku kinerja kepala madrasah dalam mempengaruhi perilaku bawahan atau pengikut-pengikutnya.
  6. Bagian keenam tentang “Gaya kepemimpinan dan perilaku motivasional”. Mulai dari teori X dan teori Y, studi Ohio, sampai pada teori EGR. Tipe kepemimpinan membawa diri sebagai pemimpin, mulai dari cara berlagak dan tampil dalam menggunakan kekuasaannya. Seorang pemimpin harus mempunyai sifat, kebiasaan, tempramen, watak dan kepribadian sendiri yang unik dan khas sehingga tingkah laku dan gaya yang membedakan dirinya dengan orang lain.  Cara pemimpin dalam bertindak juga mempengaruhi anggota kelompok dalam membentuk tipe kepemimpinannya.
  7. Bagian ketujuh tentang “Motivasi dan kunci kepemimpinan motivasional”. Motivasi adalah kecenderungan dalam diri seseorang yang membangkitkan topangan dan mengarahkan tindak-tanduknya. Motivasi meliputi faktor kebutuhan biologis dan emosional yang hanya dapat diduga dari pengamatan tingkah laku manusia.
  8. Bagian kedelapan tentang “Perilaku tim dan kepemimpinan transaksional”. Kepemimpinan transaksional adalah kepemimpinan yang menekankan pada tugas yang diemban bawahan. Kepemimpinan transaksional ini lebih difokuskan pada peranannya sebagai manajer karena sangat terlibat dalam aspek-aspek prosedural manajerial yang metodologis dan fisik. Oleh sebab itu kepemimpinan transaksional dihadapkan pada orang-orang yang ingin memenuhi kebutuhan hidupnya dari segi sandang, pangan dan papan.
  9. Bagian kesembilan tentang “Etika dan proposisi perilaku kepemimpinan”. Etika harus dimiliki oleh setiap pemimpin dalam melakukan dan menjalankan tugasnya sebagai seorang pimpinan karena pemimpin yang beretika akan lebih dihormati dan dihargai.
Baca juga :  Rekonstruksi Makna Puasa Dalam Al-Qur’an

10. Bagian kesepuluh tentang “Mitos-mitos kepemimpinan”. Bagian ini penulis menjelaskan mitos-mitos kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli. Mitos-mitos itu bisa menjadi teori kepemimpinan dan biasanya ditakuti oleh seorang pemimpin.

11. Bagian kesebelas tentang “Kepemimpinan guru dan kaderisasi kepemimpinan”. Guru juga merupakan seorang pemimpin di dalam kelas karena guru adalah sebagai pengendali kegiatan di dalam kelas. Sedangkan kader adalah calon atau tunas yang di didik untuk melanjutkan tongkat estafet partai atau organisasi. Pada prinsipnya kaderisasi merupakan upaya regenerasi yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk menyiapkan pemimpin-pemimpin handal dalam melaksanakan visi dan misi organisasi ke depan.

12. Dan pada bagian terakhir penulis mengemukakan tentang “kepemimpinan kritis dan sindroma pasca kuasa”. Kepemimpinan kritis adalah memimpin pada saat-saat yang kritis, sedangkan sindroma pasca kuasa adalah sindrom yang biasa diderita oleh bekas pemimpin.

Dalam buku ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu kelebihannya bisa mendeskripsikan teori-teori kepemimpinan bahkan sampai pada mitos kepemimpinan dengan sangat detail. Bahasa dalam buku ini mudah untuk dipahami dan dimengerti sehingga cocok untuk para pemerhati organisasi dan juga seorang pemimpin bahkan juga untuk mahasiswa. Selain itu juga buku ini dilengkapi dengan bagan yang bisa digunakan untuk membantu memahami narasi yang dikemukakan.

Sedangkan untuk kekurangannya yang ditinjau dari judul buku ini yaitu buku ini kurang memaparkan tentang kepemimpinan dalam dunia pendidikan yang lebih karena hanya tentang kepemimpinan secara umum. Namun secara global buku ini layak dan bagus untuk para pembaca dan juga sangat bermanfaat.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top