You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Rudal Penangkis Serangan Udara Mistral TNI-AD

Rudal Penangkis Serangan Udara Mistral TNI-AD

Mistral TNI-AD merupakan salah satu persenjataan dalam sistem pertahanan udara yang dimiliki angkatan darat. Senjata ini, memiliki fungsi utama sebagai penembak jatuh pesawat yang mengancam kedaulatan NKRI.

Sebelumnya Indonesia hanya memiliki alat pertahanan udara konvensional. Dengan memiliki rudal ini, rudal skala ringan telah membuat kemajuan teknologi pertahanan udara milik angkatan darat sedikit berkembang. Hal ini tentu berkat adanya program pemerintah dalam mendorong program peningkatan grade pertahanan. Dengannya, kita optimis ke depannya system pertahanan Indonesia akan semakin maju.

Adapun spesifikasi Rudal Mistral TNI-AD ini, memiliki kecepatan 2,5 mach atau 2,5 kecepatan suara. Rudal ini dikendalikan oleh system control atau remot dengan manuver 1.100 putaran per menit. Untuk jarak tembaknya, ia memiliki kemampuan menembak efektif 6 KM dengan ketinggian 3KM. Selain itu, rudal ini memiliki multi shot kill probality, ia mampu menembak sasaran baik berupa pesawat udara maupun benda-benda seperti roket, pluru meriam dan benda  terbang di langit lainnya, dengan akurasi 75 persen ketepatan dan akurasi tembakan 99,8 persen.

Dalam peletakannya, Rudal Mistral ini dipasang pada kendaraan taktis Satuan Tembak Mistral/ATLAS (Advance Twin Launcher Anti Air Strike) dengan varian Komodo Mistral. Dalam operasionalnya, ia mampu beroperasi dengan mesin kekuatan 206 tenaga kuda.

Baca juga :  Mengenal Meriam Caesar 155, Generasi Ketiga Self Propelled Howitzer TNI AD

Selanjutnya, selain spesifikasi di atas, rudal ini juga didukung dengan Radar Malsindo Coordinated Patrol (MCP). Radar pendukung ini mempunyai keunggulan mampu mendeteksi 20 sasaran udara secara bersamaan dengan akurasi yang sangat tinggi. Ia mampu mendeteksi hingga jarak 30 km, dengan ketinggian 4500 m dan elevasi 50 derajat.

Adapun dalam operasionalnya, senjata ini saat ini ditempatkan salah satunya di Batalyon Arhanudri 1 Divif 1 Kostrad, Batalyon Arhanudri 2 Divif 2 Kostrad dan Batalyon Arhanudse 10 Kodam Jaya.

Demikian informasi tentang salah satu Alutsista TNI AD sore ini. Semoga bermanfaat dan salam Ksatria dari kami untuk para sahabat semua ! (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top