You are here
Home > Berita > Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa Berlatih Tali-Temali

Saka Wira Kartika Kodim 1709/Yawa Berlatih Tali-Temali

Yapen – Bertempat di di halaman SD Muhamadiyah Serui, Instruktur Saka Wira Katrika Kodim 1709/Yawa Sersan Satu Eko Luswanto melatih materi dasar tali-temali kepada sebanyak 30 orang anggota Saka Wira Kartika dari SD Muhamadiyah Serui, yang merupakan siswa dan siswi kelas 5 SD, Sabtu (07/10).

Tali-temali merupakan salah satu cabang ilmu pionering, dalam versi bahasa inggris pionering memiliki arti kecakapan merintis jalan atau membuka jalan baru yang belum diketahui sebelumnya, dan didalam ilmu pramuka, tali-temali adalah keterampilan dengan menggunakan dasar tali yang dikelompokkan dalam berbagai macam simpul dan ikatan.

Dari 21 jenis materi tali-temali yang ada didalam pramuka, Sersan Satu Eko Luswanto mengajarkan salah satu materi kepada para anggota Saka Wira Kartika, yakni bagaimana cara membuat simpul hidup berganda, simpul hidup berganda ini merupakan simpul yang biasa digunakan untuk mengikat tiang atau balok.

“Hal ini merupakan langkah awal bagi para anggota Saka Wira Kartika sehingga bisa mengenali materi tali-temali lainnya, karena salanjutnya kegiatan ini akan diaplikasikan langsung oleh para siswa dan siswi untuk membuat perlengkapan perkemahan,” tutur Sertu Eko.

Baca juga :  Dandim 1705/Paniai Isi Jam Komandan

Nampak para anggota Saka Wira Kartika sangat berantusias mengikuti kegiatan tersebut, tak sedikit pula dari mereka yang silih berganti untuk mempraktekkan cara membuat simpul hidup berganda yang di berikan oleh instruktur.(Prd/cen)

Leave a Reply

*

Top